Senin 03 Dec 2012 19:03 WIB

Inggris Kecam Rencana Israel Bangun 3.000 Pemukiman

Pembangunan proyek pemukiman Yahudi di Israel
Foto: CORBIS
Pembangunan proyek pemukiman Yahudi di Israel

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Duta besar Israel untuk Inggris dipanggil ke Kementerian Luar Negeri pada Senin. Dubes Israel dipanggil untuk menjelaskan rencana Israel membangun 3.000 pemukiman baru.

Alistair Burt, menteri luar negeri Inggris, memanggil dubes Daniel Taub untuk memperingatkan bahwa pembangunan pemukiman mengancam penyelesaian solusi dua negara. Rencana pembangunan juga akan membuat kemajuan pembicaraan perdamaian dengan Palestina sulit dicapai.

''Kami mengatakan kepada pemerintah Israel bahwa jika mereka meneruskan keputusannya, maka itu akan ada tanggapan keras," kata Burt dalam pernyataan.

Israel mengumumkan rencana pembangunan 3.000 rumah pemukiman Yahudi setelah Majelis Umum PBB sepakat meningkatkan status Palestina menjadi negara pemantau nonanggota.

Prancis juga memanggil duta besar Israel pada Senin. Pemanggilan dilakukan di tengah kabar bahwa kedua negara itu mempertimbangkan memanggil duta besar mereka untuk Israel.

Sumber diplomatik di London mengatakan kepada AFP bahwa penarikan duta besar Inggris adalah pilihan. Tapi, sumber berkeras bahwa belum ada keputusan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement