Selasa 04 Dec 2012 17:15 WIB

Mursi Perlu Dukungan Rakyat Mesir

Rep: Agung Sasongko/ Red: Karta Raharja Ucu
Mohammed Mursi, presiden baru Mesir
Foto: topnews.in
Mohammed Mursi, presiden baru Mesir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Mesir, Mohammed Mursi tidak bisa bekerja sendiri. Ia memerlukan dukungan rakyat Mesir demi menyukseskan progamnya.

Untuk itu, Mursi dinilai perlu melihat dukungan masyarakat Mesir sebelum mengeluarkan setiap gebrakan. Sebab, dukungan ini jadi kunci Mursi menghadapi ujian dalam pemerintahannya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Luar Negeri, Muhyiddin Junaidi menilai masih ada kelompok yang tidak menerima sepenuhnya pemerintahan Mesir di bawah pimpinan Mursi. Kondisi ini jelas membuat Mursi membutuhkan dukungan masyarakat.

"Oposisi itu kan didukung Barat. Tentunya ada banyak kepentingan disini," kata dia saat berbincang dengan ROL, Selasa (4/12).

Untuk itu, kata Kiai Muhyiddin, Mursi perlu meyakinkan masyarakat apa yang dilakukannya. Ia juga perlu melakukan negosiasi-negosiasi dengan oposisi. (baca: Rakyat Mesir Disarankan Terima Konstitusi Baru).

Sejauh ini, hal itu sudah dijalankan Mursi dengan baik. Namun, Mursi perlu memperkuatnya sehingga misi yang dilakukannya berjalan mulus. (baca: Misi Muhammad Mursi Selamatkan Mesir).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement