Senin 10 Dec 2012 01:45 WIB

Drone AS Tewaskan Panglima Alqaidah

Pesawat tanpa awak (drone) AS, Predator
Foto: AP
Pesawat tanpa awak (drone) AS, Predator

REPUBLIKA.CO.ID, DERA ISMAIL KHAN, PALESTINA-- Serangan pesawat tak berawak (drone) AS dilaporkan telah menewaskan seorang panglima senior Alqaidah di Pakistan baratlaut, Ahad (9/12).

Panglima tersebut, Mohammad Ahmed Almansoor, dan tiga orang lain tewas dalam serangan udara di sebuah desa sekitar Miranshah, kota utama di Waziristan Utara dekat perbatasan Afghanistan, demikian dilansir Reuters, Senin (10/12). 

Pesawat tak berawak menembakkan sejumlah rudal ke sebuah rumah dimana Almansoor berada, menghancurkan dua ruangan dan sebuah mobil.

Penduduk dan pejabat pemerintah mengatakan empat pesawat tak berawak terlihat terbang di atas daerah itu selama serangan tersebut. 

Almansoor merupakan panglima Alqaidah kedua yang terbunuh akibat serangan pesawat tak berawak AS dalam tiga hari terakhir. 

Sebelumnya, serangan serupa pada Kamis di Waziristan Utara menewaskan panglima senior Al Qaida, Abu Zaid, yang menggantikan Abu Yahya al-Libi sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh di jaringan tersebut, kata beberapa pejabat intelijen.

Waziristan Utara adalah salah satu dari tujuh daerah di kawasan suku semi-otonomi Pakistan, dimana Taliban dan gerilyawan terkait Alqaida memiliki pangkalan-pangkalan yang digunakan untuk merencanakan serangan di Afghanistan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement