Kamis 13 Dec 2012 15:14 WIB

AS Desak Cina Tekan Korut

Roket Korut berada di posisi peluncuran
Foto: AFP
Roket Korut berada di posisi peluncuran

REPUBLIKA.CO.ID,  WASHINGTON -- Amerika Serikat mendesak Cina menggunakan pengaruhnya pada Korea Utara sehubungan dengan peluncuran roket jarak jauh pada Rabu (13/12). 

AS mengutarakan masalah peluncuran roket Korea Utara ketika Letjen Qi Jianguo, wakil kepala staf umum Tentara Pembebasan Rakyat Cina, mengunjungi Pentagon untuk menghadiri perundingan tahunan pertahanan antara negara-negara Pasifik.

Jim Miller, Wakil Menteri Pertahanan Urusan Kebijakan AS, mengemukakan kepada Qi bahwa peluncuran roket Korut itu adalah "jelas satu pelanggaran" resolusi-resolusi PBB, kata Pentagon dalam satu pernyataan seperti dikutip AFP.

"Kami mendesak Cina bekerjasama dengan Amerika Serikat dan masyarakat internasional untuk mendesak Korut melaksanakan komitmen-komitmen dan kewajiban-kewajiban internasionalnya dan hubungan damai dengan negara-negara tetangganya," kata pernyataan itu.

Cina dianggap negara yang punya pengaruh paling besar atas Pyongyang. Cina menyatakan penyesalannya atas peluncuran roket Korut dan bersama dengan para anggota Dewan Keamanan PBB lainnya mengecam peluncuran itu. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement