Senin 04 Mar 2013 18:50 WIB

Ratu Inggris Dirawat di Rumah Sakit

Rep: Nur Aini/ Red: Citra Listya Rini
Ratu Inggris Elizabeth II
Foto: AP Photo
Ratu Inggris Elizabeth II

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Ratu Inggris Elizabeth II dirawat di rumah sakit (RS) karena mengalami gastroenteritis atau radang lambung. Orang nomor satu di Kerajaan Inggris itu sudah berada di RS King Edward VII di London selama dua hari.

Perawatan Ratu Inggris tersebut merupakan yang pertama dalam 10 tahun terakhir. Istana Buckingham mengonfirmasi memburuknya kesehatan ratu yang berusia 86 tahun. Semua jadwal ratu pekan ini akan dibatalkan atau ditunda.

Kabar memburuknya kesehatan Ratu Inggris datang pada Jumat (1/3) malam pekan lalu. Akibatnya, ia membatalkan kunjungannya ke Swansea pada Sabtu (2/3) lalu untuk menghadiri upacara militer perayaan hari St David.

"Ini merupakan tindakan pencegahan," kata juru bicara Istana Inggris seperti dilansir BBC, Senin (4/3).

Ratu Inggris diperkirakan tetap di RS selama dua hari. Terakhir perawatan di RS, Ratu Inggris mendapat operasi kecil di lututnya 10 tahun lalu. Di waktu yang sama, dia mendapat operasi kecil untuk menghilangkan benjolan nonkanker di wajahnya.

Gastroenteris merupakan peradangan di lapisan lambung dan usus. Infeksi ditulantarkan melalui kontak dengan orang yang terinfeksi atau dari makanan dan minuman terkontaminasi. Gejalanya berupa muntah, demam, dan sakit perut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement