Jumat 22 Mar 2013 05:30 WIB

Abaikan Sanksi AS, Begini Komitmen Jerman untuk Iran

Bendera Iran dan Jerman
Bendera Iran dan Jerman

REPUBLIKA.CO.ID, Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle menggarisbawahi hubungan erat dan bersahabat antara Berlin dan Tehran, dan menyerukan untuk lebih meningkatkan kerja sama antara kedua negara.

Westerwelle membuat pernyataan dalam pertemuan tahunan dengan para wartawan asing yang bertugas di Jerman, IRNA melaporkan.

 "Kami menyerukan Tehran untuk menciptakan kesempatan melalui kerja sama dalam rangka untuk bersama-sama mencapai kemajuan nyata dalam hal ini," kata Westerwelle.

Jerman adalah mitra dagang penting Iran. Berlin telah lama mengabaikan sanksi yang dipimpin Amerika Serikat terhadap Iran. Laporan sebelumnya mengatakan bahwa volume pertukaran perdagangan bilateral antara Iran dan Jerman terus meningkat meskipun adanya sanksi Barat.

Harian Jerusalem Post melaporkan bahwa ekspor Jerman ke Iran telah melebihi 25 miliar Euro sejak Mahmoud Ahmadinejad menjabat sebagai presiden Iran pada tahun 2005.

Media Israel itu mencatat bahwa peningkatan hubungan perdagangan bilateral antara Jerman dan Iran telah menjadi sumber frustrasi dan kemarahan bagi Israel, Inggris, Perancis, dan AS yang menerapkan sanksi ketat terhadap negara itu. Dilaporkan pula, sistem perbankan Jerman sejauh ini mengabaikan sanksi-sanksi Barat terhadap Republik Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement