Ahad 12 May 2013 07:37 WIB

India-Cina Siapkan Perjanjian Baru Terkait Perbatasan

Perbatasan Cina dan India.
Foto: americaninterest
Perbatasan Cina dan India.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- India pada Sabtu mengatakan mereka bersama Cina sedang menyiapkan perjanjian kerja sama pertahanan perbatasan yang baru. Perjanjian itu akan menjadi salah satu upaya kedua negara tetangga itu memperbaiki hubungan.

India dan Cina menghadapi beberapa masalah dari masalah perbatasan yang tiba-tiba muncul dan menyoroti ketegangan yang telah berlangsung lama.

Menteri Luar Negeri India Salman Khursid mengeluarkan pernyataan itu setelah lawatan dua hari yang dilakukannya ke Cina untuk membuka jalan bagi kunjungan Perdana Menteri Cina Li Keqiang ke India bulan ini.

Khursid mengatakan kepada para wartawan di New Delhi bahwa utusan khusus India dan Cina akan melakukan pertemuan dalam beberapa bulan mendatang untuk membahas masalah-masalah itu.

"Cina beberapa waktu lalu mengajukan proposal Perjanjian Kerjasama Pertahanan Perbatasan. Kami juga telah memberikan saran-saran kami," ujarnya.

Menyangkut dugaan serangan oleh tentara Cina ke wilayah Himalaya yang diklaim India, ia mengatakan India "tidak akan membahas masa lalu ataupun bersikap menyalahkan". Ia menambahkan bahwa tuan rumah Cina bersikap "sangat bersahabat".

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement