Senin 17 Jun 2013 15:13 WIB

Penutupan Guantanamo Diawasi Utusan Khusus

Rep: Nur Aini/ Red: Fernan Rahadi
Penjara Guantanamo di Kuba
Foto: AP/Brennan Linsley
Penjara Guantanamo di Kuba

REPUBLIKA.CO.ID, GUANTANAMO -- Seorang pengacara, Clifford Sloan menjadi utusan diplomatik khusus yang bertugas mengawasi penutupan  penjara di Teluk Guantanamo. Dia akan membuka kembali kantor di Guantanamo yang sebelumnya ditutup pada Januari lalu.

BBC melaporkan Sloan merupakan teman dekat Menteri Luar Negeri, John Kerry. Presiden Barack Obama berjanji bulan lalu untuk memperbarui upaya menutup penjara tersebut di tengah mogok makan para tahanan. Dia mengatakan hal itu bertentangan dengan identitas AS dan berbahaya bagi kepentingan negara.

Setelah menjabat presiden pada 2009, Obama berjanji untuk menutup penjara tersebut dalam waktu setahun. Namun, penutupan penjara itu mendapat perlawanan sengit dari partai di Kongres.

Tugas penting Sloan adalah menyelesaikan nasib tahanan. Dari 166 tahanan di Guantanamo, 86 tahanan akan ditransfer jika kondisi memungkinkan.

Lebih dari 100 tahanan bergabung dengan aksi mogok makan yang dimulai pada awal Februari untuk memprotes penahanan tanpa batas waktu. Banyak dari mereka dipaksa makan melalui tabung hidung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement