Sabtu 06 Jul 2013 06:29 WIB

Rusia Kerahkan Ribuan Polisi Amankan Olimpiade

Bendera Rusia
Foto: forbes.com
Bendera Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW---Rusia akan menempatkan 37.000 polisi di kota wilayah selatan Sochi tahun depan untuk mengamankan Olimpiade Musim Dingin 2014, kata Menteri Dalam Negeri Vladimir Kolokoltsev. "Akan ada sekitar 37.000 orang di kementerian kami yang akan menjaga ketertiban dan keamanan para tamu dan peserta Olimpiade," kata Kolokoltsev dalam wawancara dengan saluran televisi Rossiya-24.

Kementerian Dalam Negeri Rusia membawahi kepolisian, pasukan kementerian dan satuan-satuan paramiliter yang digunakan untuk mengamankan pawai massal dan fasilitas strategis. Ia mengatakan, sistem keamanan yang berlapis-lapis itu sesuai dengan ketentuan Komite Olimpiade Internasional. "Kami siap menjadi tuan rumah segala even olah-raga," kata menteri itu.

Wawancara Kolokoltsev itu disiarkan setelah pemimpin militan Doku Umarov menyeru para pejuang garis keras agar menyerang Olimpiade Sochi dan mengacaukannya. Sejumlah ahli mengatakan, lokasi pesta olah-raga internasional itu berdekatan dengan wilayah bergolak Kaukasus Utara dan wilayah sempalan Georgia, Abkhazia, yang berarti pengamanan tempat-tempat pertandingan akan sulit.

Dalam sebuah rekaman video yang disiarkan Rabu, Umarov mengatakan, "Kita sebagai mujahidin tidak boleh membiarkan (Olimpiade) ini berlangsung, dengan cara apa pun." Umarov, yang dianggap sebagai musuh nomer satu Moskow, bertanggung jawab atas serangan-serangan mematikan seperti pemboman metro Moskow 2010 yang menewaskan lebih dari 40 orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement