Selasa 10 Sep 2013 17:22 WIB

Cina Dukung Usulan Rusia Soal Senjata Kimia Suriah

Helikopter Suriah. Ilustrasi.
Foto: ABC News
Helikopter Suriah. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID,BEIJING -- Pemerintah Cina menyambut baik dan mendukung rencana Rusia untuk menyelesaikan masalah Suriah.

Menurut Cina, tawaran Rusia agar rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad menyerahkan senjata kimia untuk dimusnahkan, patut didukung selama bisa mempertahankan perdamaian dan stabilitas di wilayah itu.

"Kami menyambut baik dan mendukung saran pihak Rusia," kata juru bicara kementerian luar negeri Hong Lei kepada wartawan dalam taklimat reguler di Beijing. "Masyarakat internasional harus memberikan pertimbangan positif terhadap usulan tersebut."

Usulan Rusia itu bak tiupan angin segar di tengah krisis Suriah yang terus memanas. Amerika Serikat, pihak yang paling gencar menyuarakan aksi milter ke Suriah pun sedikit melunak dan mempertimbangkan menunda rencananya itu.

Presiden Barack Obama mengatakan, tawaran Rusia agar rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad menyerahkan senjata kimia menjadi solusi menghindari perang.

''Rencana Moskow adalah perkembangan yang positif dan potensial,'' kata Obama dalam wawancaranya bersama stasiun televisi AS, CNN dan NBC, seperti dilansir Aljazeera, Selasa (10/9).

Pemerintahan Presiden Bashar Al Assad dilaporkan ikut menyambut baik usulan Rusia tersebut.

sumber : Antara/Aljazeera
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement