Selasa 24 Sep 2013 18:08 WIB

Presiden Korsel Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Angela Merkel

Angela Merkel
Foto: AP/Michael Sohn
Angela Merkel

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Presiden Korea Selatan (Korsel) Park Geun-hye mengucapkan selamat kepada Kanselir Jerman Angela Merkel atas kemenangannya pada Pemilihan Umum, Ahad (22/9) lalu. 

Blok uni konservatif Merkel meraih kemenangan gemilang dalam pemilihan dengan meraih 41,5 persen suara. Kemenangan tersebut membuat Merkel menduduki masa jabatannya yang ketiga sejak menjadi Kanselir pada 2005.

Dalam sebuah telegram ucapan selamat, Park mengatakan hasil pemilu mencerminkan kepercayaan masyarakat Jerman dalam kepemimpinan Merkel dan Park sangat percaya bangsa Eropa akan bergerak maju di bawah Merkel, kata juru bicara kepresidenan Kim Haing.

Park juga mengatakan dia senang telah bertemu dengan Merkel pada awal bulan ini di kota pelabuhan Saint Petersburg, Rusia, di sela-sela pertemuan puncak negara berkembang dan maju G20. Park berharap untuk dapat bertemu kembali dengan Merkel dalam waktu dekat.

Park dan Merkel telah membangun ikatan secara pribadi satu sama lain selama belasan tahun terakhir. Pertemuan mereka di Rusia merupakan pertemuan keempat sejak pertama kali bertemu pada tahun 2000 ketika Park mengunjungi Jerman sebagai pemimpin partai oposisi.

Merkel juga menjadi kepala negara pertama yang menghubungi Park dan mengucapkan selamat atas kemenangannya dalam pemilihan presiden bulan Desember. Selama pertemuan di Rusia, Merkel mengatakan dia berharap untuk mengundang Park ke Jerman jika dia memenangkan pemilihan umum.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement