Senin 25 Nov 2013 18:10 WIB

Masa Depan Ekonomi Thailand Diprediksi Suram

Pasar Apung Thailand
Foto: Studinu.net
Pasar Apung Thailand

REPUBLIKA.CO.ID, TRANG -- Mantan wakil perdana menteri Thailand, Somkid Jatusripitak, memprediksi masa depan suram bagi ekonomi Thailand sebagai dampak ketidakstabilan politik dan ketidakpercayaan publik yang terus berkembang kepada pemerintah.

Dia mengatakan, Senin (25/11), kemunduran ekonomi Thailand ini terutama disebabkan oleh empat faktor utama yakni menurunnya ekspor, konsumsi, investasi dan belanja publik. Pertumbuhan ekspor negara mungkin akan kurang dari tiga persen tahun ini.

Menurut laporan TNA, Somkit mengatakan, ekspor Thailand mungkin bisa menguat, namun tiga faktor lainnya hampir tidak akan membaik, sehingga pertumbuhan ekonomi rendah, keuangan dan pasar modal tak stabil tahun depan.

Para investor khawatir dengan ketidakpastian politik dalam negeri yang menghambat daya saing negara, katanya, dan mendesak para pengusaha untuk menyesuaikan kelangsungan hidup mereka.

Somkid mendesak para pemimpin negara berkorban, bersabar dan berbicara dengan rakyat karena bencana politik bisa semakin meningkat. Dia menegaskan kembali bahwa rakyat memiliki hak untuk berunjuk rasa di jalan-jalan kota, namun para pemimpin demonstrasi harus menjamin keamanan para demonstran, sementara perdana menteri bertindak untuk kelangsungan hidup negara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement