Rabu 18 Dec 2013 23:24 WIB

Hentikan Gejolak Politik, Yingluck Berharap Ketemu Suthep

Yingluck Shinawatra
Foto: AP/Franck Robichon
Yingluck Shinawatra

REPUBLIKA.CO.ID, SI SA KET -- Perdana Menteri Thailand sementara, Yingluck Shinawatra, mengatakan dia bersedia untuk bertemu dengan pemimpin aksi protes anti-pemerintah, Suthep Thaugsuban, untuk mencari jalan keluar dari krisis politik, meski pun peluang berhasil sangat tipis.

Yingluck mendesak para pengunjuk rasa untuk berkumpul secara damai dan mematuhi hukum. Dia membuat pernyataan menjelang unjuk rasa massa anti-pemerintah pada Ahad lalu. Suthep mengumumkan Selasa (17/12) malam bahwa para pengunjuk rasa juga akan berdemo di luar kediamannya di Bangkok untuk menekannya untuk mengundurkan diri.

Dia mengatakan ada berbagai forum reformasi yang diadakan untuk membantu mencari jalan keluar dari krisis di negara itu, termasuk yang diselenggarakan oleh pemerintah dan para demonstran harus menggunakan mekanisme untuk memecahkan masalah.

Perdana menteri sementara, menurut laporan Xinhua yang dikutip Rabu (18/12), menegaskan bahwa pemerintah bersedia untuk melakukan segala sesuatu untuk membuat negara maju. Bahkan jika hanya ada satu persen kesempatan bertemu dengan Suthep, kata perdana menteri, dia bersedia bertemu dengannya, dan itu harus berada dalam kerangka Konstitusi.

Beberapa Senator yang ditunjuk menyarankan bahwa pemilu 2 Februari bisa ditunda berdasarkan Pasal 187 dari Konstitusi, namun Yingluck mengatakan ini adalah masalah baru yang harus diteliti secara mendalam. Menurutnya, forum bisa membantu menemukan solusi terbaik untuk mencegah jurang kemerosotan politik saat ini.

Apakah pemilu dapat diselenggarakan sesuai rencana atau tidak, Yingluck mengatakan, pemerintah sementara berkewajiban untuk memfasilitasi proses, dan kerja sama dari oposisi Partai Demokrat diperlukan.

Yingluck mengatakan akan diketahui Senin (23/12) apakah dia akan memimpin anggota Partai Pheu Thai untuk mengajukan pencalonan untuk mencalonkan diri dalam pemilihan 2 Februari. Dia sekarang berada di provinsi timur laut Si Sa Ket dengan beberapa tokoh Baju Merah dan para pendukung pemerintah juga keluar di jalan untuk memberikan dukungan moral.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement