Jumat 24 Jan 2014 09:17 WIB

Hotel di Cina Ramai-Ramai Minta 'Turun Kelas'

Cina (ilustrasi)
Foto: topnews.in
Cina (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Puluhan hotel bintang lima di Cina minta agar diturunkan menjadi bintang empat untuk menyesuaikan diri dengan upaya antikorupsi pemerintah.

BBC melaporkan, Kamis (23/1), lebih dari 55 hotel yang mengajukan permintaan 'turun kelas' itu sementara sejumlah lainnya menghentikan upaya untuk naik menjadi bintang lima.

Presiden Cina Xi Jinping sudah menyatakan tekadnya untuk memberantas korupsi di Cina. Salah satu upaya pemberantasan korupsi adalah dengan meminta para pejabat pemerintah mengurangi penggunaan dana umum untuk hiburan dan perjalanan.

Pejabat-pejabat Cina, baik di tingkat tingi maupun rendah, terkenal bermurah hati untuk dirinya sendiri namun menggunakan uang pemerintah. Awal Oktober lalu, seorang wakil kepala daerah dipecat karena menggelar pesta pernikahan mewah untuk putranya yang menghabiskan 1,6 juta yuan atau sekitar Rp 3 miliar.

Peringatan agar pemerintah lebih menghemat itu ternyata berdampak pada bisnis di hotel-hotel mewah. Harapannya, dengan turun kelas maka kemungkinan mereka bisa menarik kembali pelanggan sebelumnya. Dan upaya tersebut dilakukan menjelang Tahun Baru Cina yang tahun ini jatuh pada 31 Januari yang biasanya ramai dengan pesta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement