Rabu 12 Mar 2014 13:01 WIB

Vietnam Tunggu Konfirmasi dari Malaysia

Rep: Dessy Suciati Putri/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pesawat Malaysian Airline
Foto: kyodo news
Pesawat Malaysian Airline

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Kepala Otoritas Penerbangan Sipil Vietnam, Lai Xuan Thanh, menyatakan pihaknya akan meminimalkan pencarian pesawat Malaysia Airlines (MAS) di Laut Cina Selatan yang tengah menjadi wilayah utama pencarian. Langkah ini diambil sambil menunggu informasi dari Malaysia terkait laporan MAS yang telah terlacak di Selat Malaka.

Namun, hingga kini pihak Malaysia belum memberikan konfirmasi apapun terkait hal itu. "Kami belum menerima konfirmasi resmi dari pemerintah Malaysia," katanya seperti dilansir dari Wall Street Jurnal.

Meskipun begitu Vietnam akan tetap melakukan upaya pencarian pesawat tersebut, namun tanpa menerjunkan empat pesawatnya. "Jika Malaysia menegaskan bahwa pesawat tersebut telah terdeteksi di selat Malaka, kita akan berhenti melakukan pencarian," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Angkatan Udara Malaysia Rodzali Daud sendiri telah menyangkal adanya laporan terdeteksinya pesawat MAS oleh radar militer di Selat Malaka. Ia juga menegaskan pihaknya tidak mengenyampingkan kemungkinan pesawat tersebut telah kembali sebelum menghilang dari radar. Oleh karena itu, lokasi pencarian pun diperluas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement