Jumat 14 Mar 2014 10:37 WIB

MH370 Dilaporkan Terbang Empat Jam Setelah Kontak Terakhir

Sistem navigasi pesawat
Foto: VOA
Sistem navigasi pesawat

REPUBLIKA.CO.ID. Lokasi terakhir pesawat MH370 sebelum kehilangan kontak masih terus dicari.  Reuters mengutip Wall Street Journal melaporkan, jika pesawat tersebut masih terbang selama empat jam usai kehilangan kontak.

Di dalam laporan itu, penyidik Amerika Serikat menduga jika pesawat jenis Boeing 777-200 ER masih mengudara setidaknya empat jam usai mengonfirmasi lokasinya ke darat untuk terakhir kali pada Sabtu (8/3).

Laporan tersebut sampai ke otoritas setempat. Terakhir, penyidik AS menggali kemungkinan jika seseorang dengan bebas mematikan alat transponder - suatu alat untuk menerima sinyal radio kemudian mentransmisikan secara otomatis dengan sinyal berbeda - dan mengarahkan pesawat ke lokasi lain.

Kemungkinan, pesawat yang berisi 239 orang tersebut bisa saja terbang sejauh 3.500 km untuk terbang hingga ke perbatasan Pakistan melalui  Laut Hindia dan Laut Arab.

Pesawat terlihat terakhir kali pada layar radar sebelum pukul 1.30 dini hari pada Sabtu pekan lalu atau kurang dari sejam setelah terbang dari Kuala Lumpur. Pesawat terbang menuju timur laut dari mulut teluk Thailand dengan tujuan Beijing.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement