Kamis 27 Mar 2014 01:16 WIB

Maju Sebaga Capres, Al Sisi Lepas Jabatan Menhan

Rep: satya festiani/ Red: Taufik Rachman
Jenderal Abdel Fatah Al Sisi
Foto: Aljazeera
Jenderal Abdel Fatah Al Sisi

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO – Menteri Pertahanan Mesir Abdul Fatah al-Sisi mengundurkan diri. Pengunduran dirinya tersebut menyusul keinginannya untuk mencalonkan diri sebagai Presiden Mesir.

Untuk mencalonkan diri menjadi presiden, al-Sisi harus mengundurkan diri sebagai menteri pertahanan.Al-sisi dianggap sebagai calon presiden yang kuat setelah berhasil mengudeta pemerintahan Mursi pada Juli lalu.

Selama berbulan-bulan, ia merahasiakan keinginannya untuk mencalonkan diri, tetapi ia telah beberapa kali memberikan sinyal. “Hari ini kami akan mengadakan pertemuan untuk Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata (SCAF). Setelah itu, ia akan mengundurkan diri,” ujar anggota militer senior pada the Guardian, Rabu (26/3).

Setelah mengundurkan diri, al-Sisi akan menjadi warga sipil. Baru setelahnya ia dapat berkampanye.Sisi diunggulkan dalam pemilihan Presiden. Masyarakat melihatnya sebagai satu-satunya kandidat kuat untuk mengontrol negara tersebut. Ia memiliki suporter yang kuat yang berasal dari kalangan bisnis dan pekerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement