Kamis 10 Apr 2014 17:25 WIB

Ssttt, Israel Luncurkan Satelit Mata-Mata Baru

Rep: Gita Amanda/ Red: Bilal Ramadhan
Satelit mata-mata Jepang. Ilustrasi
Foto: JAXA
Satelit mata-mata Jepang. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM-- Sebuah satelit mata-mata terbaru Israel memasuki orbit pada Kamis (10/4) pagi. Satelit bertujuan meningkatkan kemampuan negara Yahudi itu untuk memantau musuh bebuyutan mereka, Iran.

Dilansir dari Ahram Online, pengamatan penginderaan jarak jauh menunjukkan, satelit Ofek 10 telah diluncurkan ke luar angkasa dengan roket Shavit pada Rabu (9/4) malam. Model ini lebih canggih dari model sebelumnya. Pejabat kementerian pertahanan mengatakan, kemampuannya lebih dari sekadar 'menyapu' daerah.

Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon mencatat, Ofek 10 memungkinkan pembentukan keamanan untuk kesepakatan yang lebih baik. Menurutnya, satelit mampu mencatat segala ancaman baik dekat maupun jauh, di semua waktu, hari atau dalam cuaca apapun.

Israel merupakan satu-satunya negara di kawasan yang menyatakan program tenaga nuklir Iran, untuk membuat senjata. Pernyataan tersebut berulang kali mendapat bantahan Iran.

Ofek 10 bergabung dengan sejumlah satelit mata-mata Israel, dan telah menyebar sejak 1988. Ofek 9 terakhir diluncurkan ke luar angkasa pada 2010.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement