Senin 05 May 2014 15:47 WIB

Tingkat Pengangguran di Australia Lewati Puncak Krisis

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Pakar ekonomi Australia, Ivan Coulhon menyimpulkan tingkat pengangguran di Australia sudah melewati puncak krisis. Kondisi ini ditandadi dengan iklan lowongan kerja yang mengalami peningkatan di bulan April 2014.

Survei iklan lowongan kerja bulanan dari Bank ANZ menemukan iklan lowongan kerja meningkat sebesar 2,2 persen bulan lalu. Ini merupakan bulan keempat yang menunjukkan kenaikan secara konsisten, dan saat ini meningkat sebesar 30 persen jika dilihat dari level tahunan.

Trend yang lebih stabil menunjukkan kenaikan sebesar 1,5 persen dan menunjukkan kenaikan selama lima bulan berturut-turut. "Angka ini mungkin menunjukkan bahwa kondisi pasar tenaga kerja membaik hanya di level sedang pada saat ini - dan tidak menunjukkan penurunan tingkat pengangguran yang drastis," kata Kepala Ekonom ANZ Australia, Ivan Coulhon.

"Tetapi naiknya tingkat rekrutmen tetap menunjukkan pertumbuhan lapangan pekerjaan yang tampaknya akan terus meningkat dalam jangka pendek dan tingkat pengangguran bisa menurun pada level 6 persen atau sedikit lebih rendah," jelas Coulhon, baru-baru ini.

Coulhon mengatakan bahwa perumahan terlihat sebagai pendorong utama bagi pertumbuhan ekonomi ini dan mempengaruhi naiknya tingkat belanja konsumen.

Tetapi, meskipun rendahnya tingkat suku bunga dapat merangsang pertumbuhan ekonomi, Coulhon khawatir ketatnya anggaran belanja Commonwealth bisa melemahkan pertumbuhan. Prospek pengetatan anggaran fiskal yang lebih-besar-dari-harapan bisa mempengaruhi trend pertumbuhan yang terlihat bagus ini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement