Kamis 14 Aug 2014 22:52 WIB

Footy Jadi Alternatif Masalah Obesitas Warga Tonga

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Tonga, sebuah negara di kawasan Pasifik, mencatat rekor sebagai negara dengan tingkat obesitas tertinggi di dunia. Lebih dari 80 persen penduduk di Tonga mengalami kegemukan. Sepakbola gaya Australia yang populer disebut footy pun dikenalkan untuk atasi masalah ini.

Tingkat obesitas di kalangan perempuan di Tonga mencapai lebih dari 88 persen. Permainan sepak bola khas Australia, diperkenalkan sebagai salah satu alternatif agar mengajak para perempuan tetap aktif.

Sebuah studi yang dilakukan oleh jurnal kesehatan The Lancet pada Mei lalu mencatat Tonga sebagai negara dengan tingkat obesitas tertinggi di dunia. Tingkat obesitas bagi perempuan di negara ini mencapai lebih 88 persen pada bulan Mei lalu. Sementara bagi para pria mencapai 83,5 persen.

Kampanye Nasional yang mengajak warga tetap aktif diluncurkan tahun lalu. Untuk menambah pilihan olahraga, sepak bola khas Australia, dikenal dengan istilah footy pun diperkenalkan.

Dan untuk pertama kalinya Tonga mengirimkan tim wanita ke Piala International Australian Football League (AFL) di Melbourne.

Tim wanita Tonga melakukan briefing sebelum pertandingan (ABC: Bethany Keats)
Salah satu yang ikut membantu pengembangan olahraga footy ke Tonga adalah Ed McCowan, dari Komisi Olahraga Australia.

"Dengan adanya kampanye nasional yang dilakukan pemerintah untuk mengajak para perempuan di Tonga untuk tetap aktif, memudahkan kami untuk memperkenalkan footy," ujar McCowan, baru-baru ini.

Permainan footy di Tonga sendiri masih kalah populer dibandingkan dengan olahraga lain seperti rugby atau netball.
"Olahraga memang masih asing, tetapi karena kami perkenalkan kepada komunitas-komunitas dengan cara yang menarik dan interaktif, maka sebagian pun mau mencoba dan bergabung."
Berpose dengan bendera Tonga usai pertandingan (ABC: Bethany Keats)
Sementara menurut pelatih tim nasional Tonga, permainan ini memberikan banyak kesempatan, salah satunya adalah berkunjung ke Australia, untuk melihat langsung budaya di negara ini.
"Memang ini pertama kalinya kami mengirimkan tim wanita kesini. Target kami memang bukanlah untuk menang, tetapi mengirimkan tim sudah menjadi prestasi tersendiri," ujar Manu Finau, pelatih tim nasional Tonga.

Saat menghadapi Irlandi, tim wanita Tonga harus menerima kekalahan dengan poin akhir 63 -8. Permainan gesit Irlandia mencetak 9 goal, sementara Tonga hanya satu gol.

Suporter dari Papua Nugini, lengkap dengan atribut, dan ikut membawa suporter cilik (ABC: Bethany Keats)
Hasil Terbaru Timnas Garuda

Dalam pertandingan lainnya pada hari Rabu (13/8), timas Indonesia Garuda kembali menelan kekalahan saat bertanding melawan Fiji. Poin akhir yang dicetak Fiji adalah 208, dengan 32 goal, sementara Indonesia tidak mencetak poin. Timnas Garuda akan menghadapi Perancis pada Sabtu (16/8) nanti.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement