Kamis 04 Sep 2014 12:43 WIB

Alqaidah Buka Cabang di India

Rep: Gita Amanda / Red: Citra Listya Rini
Gerilyawan Alqaidah (ilustrasi)
Foto: EPA/Intel Center
Gerilyawan Alqaidah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI  --  Pemimpin Alqaidah Ayman al-Zawahiri mengumumkan, pembentukan cabang Alqaidah di India. Kelompok bersenjata tersebut berencana menyebarkan pemerintahan Islam dan menaikkan bendera jihad di benua itu.

Al Jazeera melaporkan dalam video pada Rabu (3/9), nampak Zawahiri mengatakan kekuatan baru akan menghancurkan batas-batas artifisial dan memecah populasi Muslim di wilayah tersebut.

Alqaidah aktif di Afghanistan dan Pakistan, di mana kepemimpinan yang masih hidup diperkirakan bersembunyi. Tetapi Zawahiri mengatakan kelompok tersebut akan melakukan perlawanan ke India, Myanmar dan Bangladesh.

"Entitas ini tak didirikan hari ini, tetapi adalah buah dari upaya lebih dari dua tahun mengumpulkan mujahidin di sub-benua India menjadi satu kesatuan," katanya.

Didirikan oleh Osama bin Laden, Alqaidah telah lama mengklaim kepemimpinan jihadis. Mereka menyatakan berjuang untuk mengembalikan kekhalifahan tunggal dalam negeri-negeri Muslim.

Dengan perluasan cabangnya di sub-benua India, Alqaidah mencoba merebut kembali perhatian. "Ini adalah sebuah entitas yang dibentuk untuk menyebarluaskan panggilan imam, Syekh Osama bin Laden, semoga Allah mengampuni dosa-dosanya," kata Zawahiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement