Ahad 21 Sep 2014 20:12 WIB

Nicola Scaife Juara Dunia Kejuaraan Balon Pertama

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Biasanya Anda melihat balon udara panas mengudara sebagai bagian dari kegiatan wisata, namun ternyata kejuaraan dunia balon sudah dilangsungkan sejak tahun 1970-an bagi pria. Tahun ini untuk pertamakanya diselenggarakan untuk perempuan dan warga asal Australia Nicola Scaife menjadi juaranya.

Nicola Scaife  (29 tahun) asal New South Wales ini menjadi juara dunia dalam pertandingan baru-baru ini di Leszno, Polandia. Scaife sudah menekuni kegiatan berbalon ini selama sepuluh tahun terakhir, pada awalnya bagian dari pekerjaan, namun kemudian menekuninya sebagai kegiatan olahraga.

Scaife sebenarnya sudah sejak dari kecil terlibat dalam kegiatan olahraga. Dia pernah mewakili Australia di lomba kayak maraton sebelum kemudian mengenai kegiatan berbalon.

Nicola Scaife menjadi juara dunia di kategori wanita.

"Pada awalnya saya sebenarnya baru drop out dari unversitas dan berusaha mencari pekerjaan. Kebetulan di satu hari saya naik balon udara ini dan suka dengan kegiatan ini." katanya, belum lama ini.

"Untungnya ketika saya bertanya kepada pilot balon itu apakah kamu ada pekerjaan, dia mengatakan "ada". Dari situ perjalanan hidup saya berubah."

Tidak lama setelah bekerja, Scaife bertemu dengan suaminya Matthew, yang merupakan juara lomba mengendalikan balon dari Australia di kategor pria. Nicola juga baru menyadari bahwa olahraga banyak didominasi oleh pria.

Kejuaraan dunia diselenggarakan dua tahun sekali dan sudah dilangsungkan sejak tahun 1970-an, dan tahun ini baru pertama kalinya diselenggarakan untuk kategori perempuan.

"Di kejuaraan seperti ini, biasanya wanita hanya menjaga anak-anak atau mendukung suami mereka, dan sekarang peran itu berubah dengan beberapa wanita juga menerbangkan balon." kata Scaife.

Para peserta<a href= kejuaraan balon dunia di Polandia baru-baru ini.(Facebook: Balonowy Puchar Leszna)" />

Ini adalah kejuaraan keempat yang diikuti oleh Scaife, dan dia menjadi juara dunia setelah mengalahkan lawan-lawannya dalam beberapa hal seperti misalnya pilot harus menerbangkan balon melewati beberapa tempat yang sudah ditentukan, atau melempar sesuatu ke darat dari balon dengan sasaran tertentu.

Scaife dan  suaminya  sekarang menjalankan bisnis wisata balon di Hunter Valley, sekitar 200 km dari Sydney, dimana mereka tinggal bersama seorang bayi berusia 14 bulan.

Mereka sekarang berencana bertanding di kejuaraan dunia balon yang bisa diikuti siapa saja di Saga, Jepang di tahun 2016.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement