Selasa 30 Sep 2014 08:15 WIB

Duh, Hewan di Dunia Alami Penurunan Populasi

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Bilal Ramadhan
Tiga anak singa asia yang lahir di Kebun Binatang, Besancon, Prancis.
Foto: voa
Tiga anak singa asia yang lahir di Kebun Binatang, Besancon, Prancis.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON-- Punahnya spesies global lebih buruk dari yang sebelumnya diperkirakan. Dalam laporannya di Living Planet Index, London Zoological Society (ZSL), seperti dikutip BBC, Senin (29/9), mengatakan populasi hewan turun setengahnya pada 40 tahun terakhir.

Populasi mamalia, burung, reptil amfibi dan ikan menurun hingga rata-rata 52 persen. Populasi hewan air tawar bahkan menurun hingga 76 persen. Tim di ZSL mengatakan telah memperbaiki metodologi mereka sejak laporan terakhir dua tahun lalu. Hasilnya sangat mengkhawatirkan.

Mereka memperkirakan hewan liar turun 30 persen. Penurunan tersebut disebabkan aktivitas manusia. Manusia menebang pohon lebih cepat daripada pohon tumbuh kembali, menangkap ikan lebih banyak, mengambil air dari sungai sebelum bisa diisi hujan kembali dan menghasilkan lebih banyak karbon dari yang bisa diserap hutan.

Living Planet Index melacak lebih dari 100 ribu spesies vertebrata dari 1970-2010. Hasilnya terus menunjukkan penurunan populasi hewan. Kecenderungan angka global terus menurun.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement