Senin 13 Oct 2014 05:00 WIB

Inilah Negara Pemenang Nobel Terbanyak

Rep: c74/ Red: M Akbar
Hadiah Nobel
Hadiah Nobel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mungkin sudah tidak aneh lagi bahwa Amerika Serikat adalah negara pemenang hadiah Nobel terbanyak. Amerika memenangi 256 hadiah Nobel. Namun Inggris dapat berbangga diri. Inggris meraih peringat kedua dengan 93 hadiah Nobel.

Inggris memiliki banyak nama terkenal dalam berbagai bidang. Misalnya, William Golding, penulis Lord of the Flies. William Golding memenangi nobel sastra pada tahun 1983.

"Novelnya memiliki narasi seni yang realistik, ungkapanya sangat multikultural dan universal, mencangkup mitos dan kondisi dunia hari ini," kata Juri Nobel Sastra pada tahun itu atas kemenangan Golding.

Sedangkan Jerman pada urutan ketiga dan Prancis urutan keempat. Jerman mendapat 80 kemenangan. Sedangkan Prancis mendapatkan 52 kemenangan. Mungkin Prancis dapat meraih 53 kemenangan bila penulis dan filsuf Jean-Paul Sarte tidak menolak hadiah nobel.

Di bawah Prancis ada Swedia dengan 28 kemenangan, Rusia dengan 27 kemenangan, Polandia dengan 26 kemenangan, Jepang dengan 21 kemenanga, Itali dengan 19 kemenangan dan Austria dengan 17 kemenangan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement