Senin 08 Dec 2014 02:15 WIB

Ditahan Tanpa Diadili, 6 Tahanan Guantanamo Dikirim ke Uruguay

Rep: C73/ Red: Bayu Hermawan
Tersangka teroris 9/11 di Guantanamo
Foto: VOA
Tersangka teroris 9/11 di Guantanamo

REPUBLIKA.CO.ID, GUANTANAMO -- Enam tahanan yang telah ditahan lebih dari 12 tahun, tetapi tidak pernah didakwa, dikirim ke Uruguay untuk pemukiman sebagai pengungsi.

Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengatakan, enam orang yang telah ditahan lebih dari 12 tahun di Teluk Guantanamo itu, dikirim ke Uruguay untuk dimukimkan kembali sebagai pengungsi. Mereka adalah tahanan pertama dari  pangkalan AS di Kuba yang dikirim ke Amerika Selatan.

Keenam tahanan tersebut ditahan atas dugaan terkait dengan Al Qaeda. Akan tetapi, mereka tidak pernah didakwa. Sebuah pernyataan Pentagon pada Ahad (7/12), mengidentifikasi tahanan tersebut diantaranya empat warga Suriah, seorang warga Tunisia dan seorang warga Palestina.

Sementara itu, Presiden Uruguay Jose Mujica mengatakan setuju untuk menerima mereka sebagai pengungsi pada awal tahun ini. Namun, pemindahan tersebut ditunda hingga Ahad, yaitu setelah pemilihan presiden di negara itu berlangsung baru-baru ini.

Pembebasan para tahanan itu membawa jumlah tahanan di Guantanamo menjadi sekitar 136 tahanan. Angka itu adalah angka terendah, sejak bulan pertama penjara dibuka pada Januari 2002 lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement