Senin 08 Dec 2014 15:09 WIB

Penulis, Komedian, dan Aktivis Difabel Australia Stella Young Meninggal Dunia

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOOURNE -- Penulis, komedian, dan aktivis difabel terkenal Australia, Stella Young, meninggal dunia di usia 32 tahun.

Sebuah pernyataan dari keluarganya menyebutkan Young meninggal mendadak hari Sabtu (6/12) lalu di Melbourne.

Young lahir di Stawell, sekitar 239 km dari Melbourne, dengan kondisi yang disebut osteogenesis imperfecta, kelainan genetik yang menyebabkan tulangnya mudah patah.

Di usia 14 tahun, dia mulai menjadi aktivis yang memperjuangkan hak-hak bagi komunitas difabel. "Dengan sedih kami mengumumkan meninggalnya Stella Young, putri dan saudara perempuan yang kami cintai," demikian pernyataan keluarga Young.

"Stella meninggal hari Sabtu malam, tidak terduga, namun tidak dalam keadaan sakit. Pemakaman keluarga akan dilakukan segera, yang akan diikuti dengan upacara yang terbuka untuk umum, yang rinciannya akan kami sampaikan segera," kata pernyataan itu.

Berbagai ucapan bela sungkawa sudah disampaikan atas meninggalnya Stella, yang sebelumnya pernah menjadi editor situs berita dan opini untuk kaum difabel milik ABC bernama Ramp Up.

Direktur Utama ABC Mark Scott menggambarkan Young sebagai "seorang penyampai pesan yang tidak mudah dilupakan dan pegiat yang penuh semangat."

"Sebagai penulis dan penyiar, Stella tajam, menantang, provokatif, dan juga menguasai masalah," kata Scott dalam sebuah pernyataan. "Orangnya hangat, dia orang yang akan tertawa pertama kali dan membuat semua kami tertawa."

"Dia membantu kita mengerti masalah difabel lebih baik dengan berbagi cerita mengenai hidupnya sendiri, dan memaksa kita untuk berpikir kembali mengenai apa yang kita bayangkan mengenai mereka yang difabel," tambah Scott.

Ucapan bela sungkawa juga disampaikan oleh pemimpin oposisi dari Partai Buruh Bill Shorten, mantan Perdana Menteri Julia Gillard, dan Senator asal Victoria yang juga adalah Asisten Menteri Sosial Mitch Fifield.

Semasa hidupnya, Young pernah menjadi duta lembaga bernama Our Watch, dan menjadi anggota berbagai komite di sektor difabel.

Dia pernah dua kali masuk final dalam kompetisi Festival Komedi Internasional Melbourne dan pernah menjadi pembawa acara selama delapan tahun, program budaya televisi untuk kelompok difabel pertama di Australia, No Limits di Channel 31.

Dia juga secara teratur menjadi kontributor di halaman opini ABC The Drum dari tahun 2011, menulis mengenai berbagai masalah difabel di kalangan masyarakat luas di Australia, dan Stella Young juga meliput Paralympic di London di tahun 2012.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement