Kamis 11 Dec 2014 18:18 WIB

Bush Tahu Soal Penyiksaan CIA

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Esthi Maharani
George W Bush
Foto: freewoodpost.com
George W Bush

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden George W Bush mengetahui dengan pasti mengenai metode interogasi yang dilakukan dinas mata-mata Amerika Serikat CIA. 

Berbicara kepada //Fox News//, mantan Wakil Presiden era Bush, Dick Cheney mengatakan Bush mengetahui semua hal yang perlu dia ketahui. Cheney juga menyebut laporan senat itu penuh omong kosong.

"Gagasan komite intelijen senat yang menyebutkan badan mata-mata beroperasi dengan nakal dan kami tidak diberitahu, bahwa presiden tidak tahu, adalah sebuah kebohongan," ujar Cheney, dikutip dari //BBC//, Kamis (11/12).

Dalam wawancara tersebut, Cheney mengatakan laporan itu sangat cacat dan merupakan hasil kerja yang mengerikan, meski mengakui dia tidak membaca seluruh dokumen.

"Presiden Bush tahu segala sesuatu yang perlu diketahui dan yang ingin dia ketahui tentang interogasi CIA. Dia tahu teknik yang digunakan," kata dia.

Cheney mengatakan program interogasi yang dilakukan CIA telah menyelamatkan banyak nyawa dan CIA berhak mendapat penghargaan, bukan kecaman. Menurutnya, berdasarkan fakta, tindakan intelijen itu sukses dalam menjaga Amerika aman dari serangan berikutnya.

"Kita beruntung memiliki laki-laki dan perempuan yang bekerja keras di CIA melayani kita," ujarnya kepada //CNN//.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement