Ahad 14 Dec 2014 09:54 WIB

PBB Serukan Penyelidikan Kematian Menteri Palestina

Rep: Gita Amanda/ Red: Esthi Maharani
Menteri Palestina Ziad Abu Ein
Foto: independent.co.uk
Menteri Palestina Ziad Abu Ein

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK-- Dewan Keamanan PBB menyerukan penyelidikan cepat dan transparan setelah seorang pejabat senior Palestina tewas dalam konfrontasi dengan tentara Israel.

AFP melaporkan, selama ini pemimpin Palestina menyalahkan Israel atas tewasnya Ziad Abu Ein, pada Rabu (10/12). Abu Ein adalah seorang pejabat Palestina yang bertanggung jawab atas permukiman. Dia meninggal tak lama setelah tentara Israel memukul dan mendorongnya saat ia ikut hadir dalam protes di Tepi Barat yang diduduki.

Pemerintah Israel mengatakan penyelidikan telah diluncurkan dan menyerukan ketenangan, di tengah spekulasi Otoritas Palestina akan menangguhkan koordinasi keamanan dengan Israel di Tepi Barat yang diduduki.

Sebuah pernyataan Dewan Keamanan dikeluarkan pada Jumat (12/12), mendorong para pihak untuk memastikan bahwa penyelidikan yang cepat dan transparan segera dilakukan. Anggota Dewan mencatat kesediaan pemerintah Israel untuk melakukan investigasi bersama atas insiden tersebut.

"Para anggota Dewan Keamanan meminta semua pihak untuk menahan diri secara maksimum dan untuk menahan diri dari langkah-langkah lebih lanjut yang dapat menggoyahkan situasi," ungkap pernyataan Dewan Keamanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement