Rabu 24 Dec 2014 14:22 WIB

Cuaca Buruk di AS, Empat Tewas

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Esthi Maharani
Cuaca buruk.     (ilustrasi)
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Cuaca buruk. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MISSISSIPPI -- Cuaca buruk terjadi di bagian selatan Amerika Serikat dalam dua hari terakhir, Rabu (24/12). Sedikitnya, empat orang dilaporkan tewas, mobil-mobil terbalik, aliran listrik mati dan sejumlah besar rumah serta bangunan rusak.

Gubernur Mississippi, Phil Bryant mengumukan situasi darurat untuk dua wilayah di tenggara. Empat korban tewas berasal dari sana karena badai. Beberapa orang lain dilaporkan terluka.

Pihak berwenang mengatakan listrik di sekitar Columbia pada Selasa malam padam. Direktur Managemen Darurat Wilayah Jones, Marda Tullos mengatakan seorang wanita dan pria  tewas di dalam mobilnya di jalur badai di Laurel. 

Dua korban lain meninggal di Columbia. Satu di taman, satu lagi di mal. Juru bicara Rumah Sakit Umum Marion, Millie Swann melaporkan 50 pasien dirawat sejak cuaca buruk menyapu Mississippi.

''Seluruh kota Columbia tanpa listrik, rumah sakit menggunakan generator sehingga masih bisa merawat orang-orang,'' kata dia. Namun delapan pasien ditransfer ke rumah sakit di dekat Hattiesburg karena ruang darurat tidak bisa beroperasi.

Ahli meteorologi Latrice Maxie mengatakan kerusakan signifikan dilaporkan di banyak rumah dan tempat bisnis. Sebuah tim survei mengatakan hal itu karena tornado. 

Direktur Managemen Darurat Wilayah Marion, Aaron Greer mengatakan beberapa orang terjebak di rumahnya. Patroli di Mississippi mengatakan pihak berwenang memutus tiga jalur yang menghubungkan dengan Columbia karena pohon tumbang, tiang putus dan serpihan lain.

Berdasarkan media lokal, tornado akan melaju ke Amire, Louisiana. Banjir juga diperkirakan akan terjadi di beberapa area karena curah hujan tinggi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement