Selasa 06 Jan 2015 22:10 WIB

Queensland Adakan Pemilu 31 Januari

Red:
Menteri Utama Queensland, Campbell Newman
Foto: abc news
Menteri Utama Queensland, Campbell Newman

REPUBLIKA.CO.ID, QUEENSLAND --Menteri Utama Queensland, Campbell Newman memastikan, negara bagian Queensland (Australia) akan menyelenggarakan pemilu 31 Januari mendatang.

Newman mengunjungi Government House di Brisbane  meminta kepada Pejabat Gubernur Tim Carmody untuk mengeluarkan keputusan resmi, Selasa (6/1).

Menurut Campbell, pemilihan ini akan bermakna penting bagi masa depan negara bagian tersebut di masa depan, karena akan menentukan apakah Queensland akan tetap berada di jalur menuju ke kemakmuran. "Perekonomian Queensland sudah menunjukkan pertanda penting menuju ke perbaikan, dan khususnya di masa yang tidak menentu ini, penting sekali untuk tidak menciptakan rasa imbang yang disebabkan oleh spekulasi mengenai kapan pemilu akan dilakukan." katanya.

"Penting sekali bahwa kita tidak menghabiskan waktu untuk menciptakan rencana kuat bagi pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja." lanjutnya.

Campbell Newman berasal dari Partai Liberal Nasional (LNP) yang sedang berusaha mencari mandat baru guna mendapatkan dana $33 miliar dengan melakukan berbagai langkah swastanisasi, untuk mengurangi utang, dan juga membangun infrastruktur baru. Langkah itu menimbulkan kemarahan pihak serikat buruh, yang kecewa dengan keputusan pemerintah negara bagian itu sebelumnya yang memecah ribuan pegawai negeri.

Sejak memenangkan pemilu di tahun 2012, dengan mendapat 78 dari 89 kursi di parlemen Queensland, nasib LNP berubah drastis, dengan sekarang jajak pendapat menunjukkan posisi mereka tidak berbeda jauh dari Partai Buruh.

Sejak itu, LNP kehilangan lima anggota parlemen, tiga diantaranya pindah ke partai kecill dan dua lagi mundur dari Parlemen.

Pemimpin partai oposisi, Partai Buruh Annastacia Palaszczuk  mengatakan partainya siap bagi pemilu mesklipun pengumuman dikeluarkan tiba-tiba. "Partai Buruh akan berjuang setiap hari untuk mendapatkan kembali kepercayaan dari warga Queensland. Mereka berhak dapat pemerintah yang dapat dipercaya.

"Ini adalah pemerintah yang terus menerus ingkar janji. Mereka telah memecat ribuan pegawai negeri, memotong anggaran bagi bidang kesehatan."

Hal-hal mengenai pemilu 2015:

  • Pemilihan bisa dilakukan paling cepat 31 Januari, dua bulan lebih awal.
  • Pemerintahan LNP di bawah Campbell Newman sedang mengejar periode kedua untuk memerintah.
  • Memenangkan 78 dari 89 kursi di dalam pemiilihan Maret 2012 - sejak itu tiga anggota parlemen pindah ke partai kecil dan dua mundur.
  • Partai oposisi Partai Buruh pimpinan Annastacia Palaszcz hanya dapat 7 kursi di tahun 2012, sekarang jadi 9 setelah menang dalam pemilihan sela.
  • Partai lain yaitu Partai Australia pimpinan Bob Katter memiliki tiga kursi namun jajak pendapat saat ini menunjukkan mereka tidak populer.
  • Partai Palmer United Party  sebelumnya memiliki dua anggota parlemen, namun keduanya sudah mundur dari partai.
  • Pauline Hanson akan  mencalonkan diri lagi

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement