Jumat 09 Jan 2015 21:38 WIB

Nenek Tertua di Queensland Rayakan Usia 109 Tahun

Red:
Evelyn Vigor,warga tertua di Queensland
Foto: Foto: Evelyn Vigor
Evelyn Vigor,warga tertua di Queensland

REPUBLIKA.CO.ID, BRISBANE -- Penduduk tertua di negara bagian Queensland, Evelyn Vigor, merayakan ulang tahun ke-109 nya di panti jompo yang didiaminya, di Brisbane.

Evelyn lahir di Laidley, barat daya Brisbane, pada tahun 1906, enam minggu lebih dini dari jadwal kelahiran semestinya. Ia anak tertua dari sembilan bersaudara dalam keluarganya. Cucu perempuannya, Amanda Schultz, mengatakan, ia tadinya tak diharapkan untuk bertahan hidup.

"Dokter datang ke rumah untuk membantu persalinannya, ia membungkus nenek dengan kapas, menempatkannya dalam kotak dan berkata kepada orang tuanya - berharaplah yang terbaik," kisahnya baru-baru ini.

Keluarga Evelyn percaya, semangat juangnya adalah alasan mengapa ia masih hidup dan sehat.

Janet Caitens mengatakan, neneknya telah selamat dari dua kejadian patah pinggul dan kanker payudara, dalam beberapa tahun terakhir. "Itu tipikal nenek, memutuskan sendiri bahwa ia akan pulih dari penyakit itu. Ia melakukan apa yang ia perlu lakukan, sehingga ia latihan dan menjaga pola makan yang benar dan juga patuh pada perintah dokter,” jelasnya.

Ia menambahkan, "Tak ada alasan baginya untuk tak bertahan hidup karena hubungannya dengan orang lain itu damai dan bahagia dan ia baik-baik saja – ia tak sakit, benar-benar sehat dan sangat bahagia."

Sebelum menikah, Evelyn Davidson adalah juara berkuda dan seorang penjahit. Ia menikah dengan almarhum suaminya, James Vigor, pada tahun 1931 dan tinggal di sebuah peternakan dekat Kingaroy, barat laut Brisbane. Pasangan ini memiliki tiga anak. "Saya menjalani hidup sehat di sebuah peternakan untuk waktu yang lama - 20 tahun lebih. Saya banyak berkuda dan olahraga -. yang mungkin membantu mempertahankan tubuh sehat," ujar Evelyn.

Ia tak hanya hidup 50 tahun lebih lama dari suaminya, tetapi juga dari ketiga anaknya dan tujuh saudaranya kecuali satu, yakni Walter Davidson, yang ternyata berusia 100 tahun pada (9/1). "Saya hanya ingin melihatnya sampai berusia 100 tahun, jadi ini menyenangkan bagi saya," kata Evelyn.

Evelyn dan saudaranya itu tak saling bertemu selama hampir satu dekade karena Walter tinggal di Hervey Bay, hampir 300 kilometer utara Brisbane, dan keduanya memiliki masalah mobilitas.

Mereka bertukar ucapan selamat ulang tahun melalui Skype. Dua bersaudara itu juga merayakan hari ulang tahun mereka bersamaan dengan cucu laki-laki Evelyn satu-satunya, Jason Tilse, yang berusia 39 tahun. "Saya kira ini suatu kehormatan bahwa saya lahir pada hari yang sama dengan nenek saya, dan bahwa semua orang merayakan ini pada hari yang sama, itu cukup istimewa," ujar Jason.

"Tapi saya kadang-kadang terlupakan - pada hari ulang tahun ke-100 nya, ulang tahun saya dilupakan," sambungnya.

Evelyn tak bisa menjelaskan umur panjangnya, tapi percaya bahwa imannya pada agama, olahraga teratur dan mengurangi stres adalah faktor yang penting.

"Jika mereka berserah diri kepada Tuhan, mereka akan baik-baik saja," katanya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement