Rabu 21 Jan 2015 11:07 WIB

Kritik Militer, Blogger Tunisia Divonis Setahun Penjara

Rep: Gita Amanda/ Red: Erik Purnama Putra
Blogger Yassine Ayari dipenjara pemerintah Tunisia.
Foto: Tunisie-secret.com
Blogger Yassine Ayari dipenjara pemerintah Tunisia.

REPUBLIKA.CO.ID, TUNIS -- Pengadilan militer Tunisia menjatuhkan hukuman satu tahun penjara untuk blogger Yassine Ayari, yang dituduh memfitnah militer negara itu. Keputusan tersebut kontan menuai kritik kelompok hak asasi manusia.

Aljazeera melaporkan, vonis dibacakan pada Selasa (20/1). Namun Ayari sendiri telah ditahan sejak 25 Desember sekembalinya dari Paris. Ayari mengatakan, keputusan tersebut dijatuhkan padanya karena mengkritik perwira tentara.

Ayari sebelumnya telah menuduh petugas dan pejabat Departemen Pertahanan Tunisia melakukan penyalahgunaan keuangan.

Vonis satu tahun penjara untuk Ayari menuai kritikan dari kelompok HAM Amnesty Internasional. Mereka menganggap keputusan tersebut mencerminkan adanya pelanggaran kebebasan berekspresi di Tunisia.

"Hari ini, satu tahun penjara yang dijatuhkan pada Yassine Ayari oleh pengadilan militer memperlihatkan sejauh mana kebebasan berekspresi di Tunisia dibatasi," ujar kelompok yang berbasis di London tersebut.

Sementara itu puluhan pengunjuk rasa berkumpul di luar pengadilan. Mereka menuntut pembebasan Ayari dan mengatakan, vonis tersebut merupakan pelanggaran kebebasan berekspresi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement