Kamis 22 Jan 2015 13:03 WIB

Berpose Ala Hitler, Pemimpin PEGIDA Mengundurkan Diri

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Esthi Maharani
Gerakan protes pada kelompok Pegida
Foto: bbc
Gerakan protes pada kelompok Pegida

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Pemimpin kelompok anti imigran dan Islamisasi Eropa, PEGIDA, Lutz Bachman mengundurkan diri pada Rabu (21/1). Pengunduran dirinya terjadi setelah fotonya yang sedang berpose sebagai Hitler menyebar luas melalui media.

Laporan dalam beberapa media mengatakan ia menyebut para pengungsi atau imigran adalah sampah. Bachman muncul di halaman depan sebuah koran harian, Bild dengan potongan rambut dan janggut seperti Hitler.

Bild dan koran lainnya mengatakan Bachman menyebut para pencari suaka sebagai binatang dan sampah. Pasca keluarnya laporan, ia menolak disebut rasis.

Bachman dikabarkan sedang menghadapi penyelidikan kriminal karena tuduhan rasis dan kebencian. Jaksa pemerintah di Dresden mengatakan proses awal telah dimulai pasca laporan Bild.

Pendiri PEGIDA lainnya, Kathrin Oertel mengatakan pengunduran diri Bachman tidak ada hubungannya dengan foto di Bild. Melainkan karena komentarnya tentang pencari suaka yang diunggah di internet.

''Ya, saya bisa mengonfirmasi bahwa Lutz Bachman telah menyerahkan surat pengunduran dirinya, dan diterima,'' kata Oertel, pada Reuters. Namun, meski Bachman telah mundur, tambahnya, PEGIDA akan terus maju.

Bild mengatakan Bachman menganggap foto Hitler itu sebagai lelucon. Dalam wawancara dengan Reuters minggu lalu, Bachman bermain dengan komentarnya.

''Saya orang yang impulsif, saya menyesal saya tidak bisa menahannya,'' kata dia.

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement