Ahad 15 Feb 2015 16:34 WIB

Seni Rajut Asal Jepang Hiasi Jalanan Brisbane

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, BRISBANE -- Pada akhir pekan Hari Valentine, kura-kura, burung hantu, boneka beruang rajut, dan mainan rajut lainnya menghiasi sejumlah sudut dan celah di sepanjang Burnett Lane, Brisbane.

Semua benda rajutan itu merupakan bagian dari pameran ‘Amigurumi Toyland’ yang ditampilkan dalam rangka Festival ‘BrisAsia’, yang berlangsung di ibukota negara bagian Queensland tersebut dan bertujuan untuk lebih mengenalkan budaya Asia.

Seni rajut ‘Amigurumi’ yang berasal dari Jepang melibatkan teknik rajut dan merenda boneka hewan serta makhluk-makhluk lucu lainnya.

Bunga, burung hantu, dan berbagai jenis hewan mainan lainnya ‘mendaki’ sebuah pipa pembuangan di Burnett Lane, Brisbane.

Direktur seni, Joon-Yee Kwok, mengatakan, ada lebih dari 100 bentuk ‘Amirugumi’ dalam pameran tersebut, yang pekerjaannya dimulai sejak enam minggu lalu.

"Gagasan di balik pameran ini adalah bahwa ada dua portal dan ada sejumlah hal yang berbeda yang terjadi pada masing-masingnya. Salah satunya adalah merajut rumah dan bersenang-senang, sementara yang lainnya adalah keluarga domba yang membuat benang di 'pertanian benang',” jelasnya baru-baru ini.

Ruang kosong di sebelah gardu listrik dipenuhi dengan mainan rajut, bahkan pipa pembuangan di atas garud-pun tak luput dihiasi aksesoris rajutan.

Ia menyambung, "Sebuah balon udara kemudian mengambil benang itu dan mengangkutnya ke portal lain, tempat di mana hewan-hewan amigurumi membawa hewan rajutan di dalam keranjang belanja."

Joon-Yee mengutarakan, semua kerja keras itu ditujukan agar masyarakat bisa mengenal bentuk seni yang lain.

"Sedih melihatnya pergi, tetapi pengalaman yang menyenangkan untuk bisa bekerja di proyek ini. Bahkan ketika kami semkain mendekati ‘deadline’, sudah menjadi kewajiban kami untuk menyelesaikannya bersama-sama," ungkapnya.

Pameran rajutan ini ditampilkan di sepanjang Burnett Lane, Brisbane, hingga 15 Februari.

Hewan rajutan bertengger di atas saluran pembuangan, yang terletak di bawah rambu lalu lintas di Burnett Lane, Brisbane.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement