Rabu 18 Feb 2015 19:03 WIB

Inilah Caranya Mengubah Kepribadian Anda dalam 10 Minggu

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, NEW SOUTH WALES -- Penelitian yang dilakukan Universitas Wollongong, New South Wales 9NSW) menunjukkan, hanya dibutuhkan 10 minggu adalah bagi seseorang untuk mengubah beberapa aspek dari kepribadian mereka.

Psikolog Dr Sue Martin melakukan penelitian untuk melihat apakah orang-orang bisa dengan sengaja mengubah aspek yang berbeda dari kepribadian mereka dalam 10 minggu, asalkan mereka memiliki paduan motivasi dan pelatihan professional yang tepat.

"Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa berbagai faktor dapat menyebabkan perubahan kepribadian, faktor-faktor seperti perubahan situasi sosial, penuaan, perawatan medis dan psikoterapi,” ujarnya baru-baru ini.

Ia menjelaskan, "Namun, tak satupun dari mereka dengan sengaja melihat 'bagaimana jika seseorang ingin mengubah kepribadian mereka dan benar-benar berniat melakukannya dengan bantuan seorang ahli?’."

Untuk membentuk kepribadian seseorang, ada 5 ciri yang luas: emosionalitas, kehati-hatian, keramahan, keterbukaan dan ketegasan.

"Emosionalitas adalah sejauh mana kita bereaksi secara emosional ketika sejumlah hal terjadi pada diri kita, dan 50% peserta ingin mengubah aspek kepribadian mereka. Seperempat peserta ingin mengubah kesadaran yang mengacu pada disiplin diri yang harus kita tindaklanjuti demi mencapai tujuan,” terangnya.

"Keterbukaan adalah salah satu sifat yang paling jarang dirubah karena sebagian besar peserta tampak puas dengan betapa menerimanya mereka dengan perasaan mereka sendiri dan perasaan orang lain," tambahnya.

Pelaksanaan studi

Sebelum penelitian, Dr Sue bersama dengan tim pelatih dan psikolog mengembangkan teknik unik yang terkait dengan aspek kepribadian yang berbeda.

Dari sana, profil kepribadian dilakukan untuk memungkinkan peserta merefleksikan aspek kepribadian mereka yang mereka sukai dan aspek yang mereka ingin ubah.

Motivasi klien untuk berubah kemudian dinilai demi memutuskan apakah waktunya tepat atau tidak untuk mengubah kepribadian.

Lima puluh peserta diberi sesi pelatihan satu jam per minggu, selama 10 minggu, untuk mengutak-atik perubahan aspek dalam kepribadian mereka.

"Dalam 5 minggu, kami memeriksa untuk melihat apakah kami, dan klien, berada di jalur yang benar dan apakah kami harus mengubah teknik yang digunakan untuk mencapai perubahan kepribadian yang diinginkan,” kemukanya.

Ia lantas mengimbuhkan, "Kami terus melakukannya sampai minggu kesepuluh dan kemudian menganalisa perubahan individu.”

Hasil studi

Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah 10 minggu pelatihan, perubahan signifikan terhadap aspek kepribadian yang berbeda tampak nyata pada semua klien.

Dr Sue mengatakan, inilah saatnya untuk menerapkan teknik yang sukses dalam profesi ini.

"Kini, tahap berikutnya adalah untuk menyebarkan informasi ini sehingga psikolog dan pelatih dapat mempraktekkan ini dan berpotensi menerapkannya pada sekelompok orang, tak hanya individu," ujarnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement