Kamis 26 Feb 2015 00:09 WIB

Eileen Kramer, Penari Australia Berusia 100 Tahun yang Masih Aktif Tampil (2)

Eileen Kramer
Foto: abc news
Eileen Kramer

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Eileen Kramer menjadi pusat perhatian publik, setidaknya di Australia. Betapa tidak, di usianya yang sudah mencapai 100 tahun, sang maestro masih aktif tampil di panggung.

Buktinya, bulan depan sedianya penari sekaligus kareografer ini akan manggung di Teater Independen di Sydney. Rekan penari, Anya McKee dan Patrick Harding-Irmer, mengatakan, bekerja sama dengan Eileen selalu menjadi pengalaman yang luar biasa.

.

"Ia cukup menjadi inspirasi dan ia juga sangat berakar dalam sejarah tari moderen di negeri ini," ujar Anya baru-baru ini.

"Ia adalah semangat kreatif yang baik dan juga memiliki tubuh yang masih benar-benar prima walau berusia 100 tahun, sehingga gagasan yang menyebut untuk berhenti menari di usia 30an - seperti saya - atau 40-an, dan gagasan untuk menyelesaikan semuanya sebelum usia itu, tak berlaku lagi," tuturnya.

Patrick, yang berusia 60an tahun, mengatakan, tak ada alasan atau keluhan di studio ketika ada Eileen di situ.

"Saya kadang-kadang terbiasa menjadi orang tertua di studio tetapi bekerja dengan Eileen, ia pastinya orang yang lebih dewasa dan saya menghormati pengalamannya," sebutnya.

Eileen telah mempertahankan kualitas kreatif atas pekerjaannya, yang termasuk membuat kostum.

Ia bahkan telah menciptakan bentuk kostum baru untuk dirinya sendiri, setelah kehilangan pandangan di satu mata.

"Saya menyebutnya ekspresionisme minimal. Kebanyakan saya berdiri dan menari," kemuka Eileen.

Kampanye penggalangan dana online juga dilakukan untuk membantu menciptakan pertunjukan serta mendukung Eillen, yang saat ini tinggal di sebuah asrama untuk orang yang beresiko tunawisma.

"Saat ini, saya tinggal di tempat yang sangat bagus. Saya seorang penyewa independen tapi ruangnya tak besar," tutur Eileen.

Dan bagi mereka yang tertarik untuk berumur panjang dan meniru gaya hidup sehat Eileen, perempuan tua ini memiliki beberapa saran sederhana.

"Cobalah untuk melakukan kerja kreatif, karena jika Anda sedang berhadapan dengan karya kreatif, Anda melakukan sesuatu yang baru setiap saat," katanya.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-02-25/eileen-kramer-penari-australia-berusia-100-tahun-yang-masih-aktif-tampil/1418829
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement