Jumat 27 Feb 2015 04:07 WIB

Jagal ISIS, Jihadi John Lulusan Universitas Westminster

Rep: Dyah Ratna Meta Novia / Red: Ilham
Jagal ISIS Jihadi John
Foto: Dailymail
Jagal ISIS Jihadi John

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Identitas jagal ISIS, Jihadi John yang memenggal beberapa tawanan ISIS telah terungkap. Menurut teman dan orang-orang yang familiar dengannya, Jihadi John bernama asli Mohammed Emwazi. Ia seorang warga Briton yang lahir di Kuwait.

Dikutip dari laman Washington Post, Emwazi dulu dikenal sebagai pemuda sopan. Ia enggan melakukan kontak mata dengan wanita dan memelihara jenggot.

Selain itu, ia merupakan anak kelas menengah di London. Namun, ia menjadi radikal setelah berencana melakukan perjalanan ke Tanzania usai lulus dari Universitas Westminster.

Emwazi dan dua temannya masuk Islam. Kedua temannya mengubah nama menjadi Omar dan Abu Thalib. Omar sendiri merupakan warga Jerman.

Emwazi dan kedua temannya begitu sampai ke Dar Es Salaam pada Mei 2009 langsung diinterogasi polisi. Kemudia mereka dideportasi. 

Setelah itu, Emwazi terbang ke Amsterdam di mana ia dituduh oleh M15 akan terbang menuju Somalia untuk bergabung dengan kelompok militan Al-Shabab. Ini berdasarkan email yang dikirimnya ke Direktur Riset CAGE Asim Qureshi.

Namun, Emwazi menolak tuduhan M15. Tetapi salah seorang mantan tawanan menyebutkan kalau Emwazi sangat terobsesi dengan Somalia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement