Jumat 27 Feb 2015 22:41 WIB

AS-Kuba Lanjutkan Perundingan Normalisasi Diplomatik

Bendera Kuba dan AS.
Foto: huffingtonpost.co.uk
Bendera Kuba dan AS.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Para perunding Amerika Serikat dan Kuba pada Jumat membuka putaran kedua perundingan bersejarah yang ditujukan untuk menyelesaikan permusuhan seumur setengah abad serta memperbaiki hubungan diplomatik secara penuh.

Tim-tim perunding bertemu di Departemen Luar Negeri beberapa saat sebelum pukul 09.00 waktu setempat (21.00 WIB) untuk putaran kedua.

Pertemuan itu berlangsung setelah pertemuan pertama di Havana bulan lalu memecah kebekuan namun berakhir dengan hanya sedikit tanda adanya terobosan.

Pembicaraan-pembicaraan terjadi setelah munculnya pengumuman mengejutkan oleh Presiden AS Barack Obama dan Presiden Kuba Raul Castro pada Desember lalu, bahwa kedua musuh Perang Dingin itu telah memutuskan untuk menormalisasikan hubungan mereka yang memburuk pada 1961.

Pihak AS dalam perundingan itu diwakili oleh Roberta Jacobson, asisten menteri luar negeri untuk urusan Western Hemisphere, sementara delegasi Kuba dipimpin oleh Josefina Vidal, direktur urusan Amerika Serikat pada kementerian luar negeri.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement