Kamis 12 Mar 2015 14:41 WIB

Tabrak Barikade Gedung Putih, Dinas Rahasia Selidiki Agennya

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Petugas Dinas Rahasia AS ketika menyiapkan pengamanan kunjungan Presiden Barack Obama saat KTT ke-6 Amerika di Cartagena, Kolombia, Selasa (17/4).
Foto: Fernando Llano/AP
Petugas Dinas Rahasia AS ketika menyiapkan pengamanan kunjungan Presiden Barack Obama saat KTT ke-6 Amerika di Cartagena, Kolombia, Selasa (17/4).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Nama baik Dinas Rahasia Amerika Serikat lagi-lagi tercoreng karena ulah para agennya. Kali ini mereka sedang menyelidiki dua agen seniornya setelah insiden tabrakan di depan Gedung Putih Maret lalu.

Seorang juru bicara Dinas Rahasia berbicara pada BBC News mengenai insiden kecelakaan di Gedung Putih pada 4 Maret. The Washington Post telah melaporkan sebelumnya, agen keamanan menabrakan mobilnya ke barikade keamanan setelah minum dan berpesta.

Saksi melaporkan, saat itu mereka melihat kedua petugas di dalam mobil dengan lampu darurat menyala dan menunjukkan lencana mereka untuk bisa melalui bagian keamanan Gedung Putih. Keduanya usai menghadiri pesta di sebuah bar di dekat Gedung Putih.

Keduanya diidentifikasi sebagai agen Mark Connolly yang merupakan wakil yang bertanggung jawab atas keamananan presiden. Sementara George Ogilvie merupakan supervisor senior untuk kantor Dinas Rahasia di Washington.

Dari rekaman keamanan menunjukkan, mobil yang ditumpangi keduanya menabrak barikade sementara yang dibentuk untuk menyelidiki paket mencurigakan. Kecelakaan ini merupakan insiden terbaru dari serangkaian peristiwa memalukan yang melibatkan Dinas Rahasia.

Selama beberapa bulan terakhir, beberapa pejabat Dinas Rahasia telah dipaksa mundur setelah terjadinya sejumlah penyimpangan keamanan. Sebelum ini, insiden terakhir adalah saat seorang pria Texas melompati pagar Gedung Putih dan berlari ke dalamnya sambil mengacungkan pisau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement