Selasa 24 Mar 2015 16:58 WIB

Pemancing Australia Tangkap Hiu 4 Meter di Pantai Shelley

Red:
Hiu macan ini memiliki ukuran lebih besar dari pemancing Brendon Hilder, yang menangkapnya dengan alat pancing berkail.
Foto: abc news
Hiu macan ini memiliki ukuran lebih besar dari pemancing Brendon Hilder, yang menangkapnya dengan alat pancing berkail.

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTRALIA BARAT -- Pemancing Australia, Brendon Hilder, ambil bagian dalam pertempuran keras untuk menangkap hiu macan dengan menggunakan alat pancing berkail, di lepas pantai selatan Australia Barat.

Brendon pertama kali melihat hiu macan itu cukup dekat ke pantai ketika ia pergi memancing di Pantai Shelley pada Senin (23/3) lalu.

"Saya memutuskan untuk turun dan mengejar beberapa salmon, salmon dibuat agar menjauh sedikit dari pantai. Saya bisa lihat hiu di dalam air sehingga saya mencoba untuk menangkap ikan salmon dan memakainya sebagai umpan hidup - tapi itu tak terjadi,” utaranya.

Ia bercerita, "Hiu itu muncul di beberapa meter dari tepi pantai. Jadi saya kemudian bertarung dengan sejumlah burung camar untuk menangkap kepala ikan dan mengambil insang serta organ dalamnya yang tersisa, meletakkannya di kail saya, melemparnya, dan dalam beberapa detik kami beradu.”

Brendon mengatakan, butuh waktu dua jam untuk mendapatkan hiu itu.

"Satu jam dan 40 menit pertarungan, saya sempat ingin menyerah dan saya sebenarnya telah memanggil orang lain di pantai untuk menggantikan saya. Saya tak bisa menangkapnya, lengan kanan saya sudah menyerah,” tuturnya.

"Ketika saya mengaitkannya, ia berada di dua, tiga meter [dari pantai] tapi di saat yang bersamaan, ia sudah bergerak sejauh 200 meter dari lepas pantai," tambahnya.

Brendon menyebut, ia bisa menangkap ikan besar kapanpun.

"Saya seorang atlit memancing dan itu olahraga - dan ikan sebesar 5 kilo dibandingkan dengan sesuatu yang seberat 3/4 ton, saya pikir saya bisa ambil ikan besar kapanpun saya mau," katanya.

Ia menerangkan, "Setelah saya mendapatkannya cukup dekat, orang-orang di pantai mengambil beberapa foto. [Kemudian] kami memastikan bahwa hiu itu aman dilepaskan kembali ke air tanpa terlalu banyak kerusakan sama sekali atau stres."

Brendon terkejut dengan ketertarikan masyarakat ketika ia mengunggah sejumlah foto dan video di media sosial.

"Saya pikir, unggah saja fotonya untuk beberapa teman dan keluarga dan saya percaya itu sudah cukup populer di mana-mana," sebutnya.

Ia menuturkan, "Hiu itu akan bertahan hidup, ia adalah hiu betina besar yang tangguh - saya yakin, kait yang saya gunakan tak akan berkarat dalam waktu singkat, jika belum copot.”

"Saya yakin ada sedikit kontroversi tapi pada akhirnya, saya adalah atlit memancing, dan seperti yang saya tunjukkan kemarin, ketika saya menangkap dan melepaskan hiu, itu semua untuk olahraga," tambahnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement