Kamis 09 Apr 2015 10:45 WIB

Inilah Sosok 'Crabman', Penyelamat Lingkungan Perairan di Queensland

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, QUEENSLAND -- Layaknya Superman dan Batman, seorang warga asal Brisbane berusaha menjadi pahlawan. Bedanya, ia ingin menyelamatkan ekosistem hewan-hewan lunak di perairan, seperti kepiting, udang, atau lobster.

Nama asli dari superhero yang dikenal dengan sebutan 'Crabman' ini adalah Gavin. Gavin menggunakan teknologi jejaring sosial untuk mengawasi dan melaporkan penangkapan kepiting secara ilegal di kawasan Moreton Bay, Queensland tenggara.

Tak hanya itu, 'Crabman' pun berusaha untuk memberikan edukasi kepada para nelayan soal penangkapan kepiting-kepiting dan hewan lunak yang masih kecil dan dampaknya bagi perairan di kawasan tersebut.

'Crabman' mengawali upaya penyelematannya lewat laman Facebook 'Crab Watch Queensand' yang dibuatnya sekitar setahun lalu. Lamannya ini telah memiliki 9.000 follower. Sejumlah foto dan video dari 'para pelanggar' penangkapan kepiting dan hewan lunak kerap ia unggah ke lamannya ini.

"Setiap minggunya kami pergi ke dermaga dan kami melihat ada orang-orang yang mengambil kepiting yang masih kecil," kata Gavin. "Kemudian beberapa anak dari kawasan ini terus melihat masalah ini dan kami mulai mencatat informasi."

Gavin mengatakan upaya yang dilakukannya sebenarnya bukan untuk menghentikan penangkapan hewan lunak, seperti kepiting yang ilegal. Ia hanya ingin mengetahui informasi.

"Saya adalah nelayan dan ingin tahu apa yang orang lain tangkap," kata Gavin. "Saat ditanya, mereka memperlihatkan kepiting tangkapannya dan biasanya masih kecil, kemudian mereka kembalikan kepiting-kepiting ke air setelah mereka menyadarinya."

ABC Brisbane: Jessica Hinchliffe" src="http://www.radioaustralia.net.au/sites/default/files/images/2015/04/9/6377576-3x2-940x627.jpg" alt="" width="380" height="260" />
Sejumlah orang sering kedapatan menangkap kepiting yang masih kecil. Foto: Jessica Hinchliffe.

 

Kelompok ini pun mengambil video dari beberapa orang yang dianggap telah melakukan pelanggaran, untuk kemudian dilaporkan kepada Badan Perikanan Queensland, atau Fisheries Queensland.

"Orang-orang terlibat bisa membuat upaya penyelidikan soal penangkapan ini menjadi beresiko, sehingga kita harus benar-benar jelas dengan mengambil informasi sebanyak mungkin di belakang mereka [sebelum dilaporkan]," ujar Gavin.

"Seringnya mereka merasa bersalah, karena tertangkap basah melakukan hal yang tidak dibenarkan," tambahnya.

Gavin berharap perannya sebagai 'Crabman' bisa lebih menyadarkan warga soal pentingnya lingkungan dan ekosistem. Ia berharap lewat laman Facebooknya, kelompok yang didirikannya bisa melakukan perubahan, sebelum terlambat.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement