Selasa 14 Apr 2015 14:14 WIB

Bangkai Paus Langka Ditemukan di Pantai Australia

Rep: C09/ Red: Winda Destiana Putri
Paus mati
Paus mati

REPUBLIKA.CO.ID, PERTH -- Bangkai paus langka jenis Omura terdampar di pantai Australia bagian barat setelah terjadi badai tropis Olwyn yang menghantam wilayah tersebut beberapa bulan lalu. Tercatat, ini adalah kedua kalinya paus Omura ditemukan di Australia.

BBC Selasa (14/4) melansir, paus tersebut ditemukan di pantai dekat kota Exmouth, 1,2 km dari Perth. Para ilmuwan mengatakan penemuan bangkai paus ini akan membantu mereka belajar lebih banyak tentang spesies paus dan lebih memahami distribusi regional. Paus Omura memiliki bentuk tubuh yang ramping dan beberapa fitur kerangka unik yang membedakan mereka dari paus lainnya.

"Temuan ini sangat istimewa bagi ilmuwan paus di Australia Barat dan ilmuwan dunia, karena keberadaan paus jenis ini belum banyak terlihat dan kehidupannya belum banyak diketahui," ujar Menteri Lingkungan Hidup Australia Barat, Albert Jacob.

Paus Omura pertama kali dijelaskan dalam sebuah jurnal ilmiah pada 2003. Namun keberadaannya terbatas hanya di perairan tropis dan subtropis.

"Pengetahuan yang kita peroleh dari ikan paus ini akan membantu meningkatkan panduan identifikasi lapangan untuk lebih memahami distribusi regional paus," kata dia.

The International Union for Conservation of Nature mengatakan bahwa hanya segelintir paus Omura yang telah ditemukan sebelumnya, termasuk di Laut Jepang dan Laut Solomon. Hanya sedikit informasi yang diketahui tentang mereka dan masih belum bisa memperkirakan jumlah mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement