Rabu 29 Apr 2015 08:11 WIB

Militer Nigeria Selamatkan 293 Sandera Perempuan Boko Haram

Rep: Lida Puspaningtyas/C38/ Red: Ilham
Korban penculikan Boko Haram
Foto: VOA
Korban penculikan Boko Haram

REPUBLIKA.CO.ID, BAUCHI -- Tentara Nigeria berhasil menyelamatkan 293 perempuan dari Hutan Sambisa dalam operasi militer melawan Boko Haram, Selasa (28/4). Sebelumnya, kelompok militan radikal tersebut menculik lebih dari 200 siswi dari desa utara Chibok.

''Pasukan menyelamatkan 200 anak perempuan dan 93 perempuan dewasa dari Hutan Sambisa. Kami belum bisa mengonfirmasi apakah mereka adalah gadis dari Chibok,'' kata Juru bicara militer, Mayor Jenderal Chris Olukolade. Pasalnya, Boko Haram melakukan aksi penculikan tidak hanya sekali.

Mereka akan diperiksa pada Rabu ini untuk menentukan asal muasal penculikan mereka. ''Saat ini mereka terlalu bahagia dengan kebebasannya,'' kata seorang sumber intelegen yang tak ingin disebut namanya.

Pasukan militer menyelamatkan mereka pada Selasa sore. Pasukan dibantu oleh pesawat perang masuk ke teritorial yang dicurigai sebagai tempat penyanderaan dan melakukan operasi. Beberapa dari mereka diselamatkan dalam keadaan terluka.

Pada Rabu, para sandera akan ditanyai identitas mereka. Berasal dari lama, sudah berapa lama berada di kamp, apa mereka memiliki anak dan lainnya.

Pasukan, tambah Olukolade, juga menghancurkan tiga kamp milik militan. Beberapa militan tewas. Olukolade tak memberikan informasi lebih lanjut terkait hal tersebut.

sumber : Reuters/Aljazeera
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement