Sabtu 09 May 2015 21:56 WIB

Balapan Unik Mesin Pemotong Rumput Ala Petani Australia

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, NEW SOUTH WALES -- Para petani dan peternak di kawasan Cumnock, New South Wales, Australia menggelar balapan yang cukup unik. Mesin-mesin pemotong rumput dimodifikasi dan diadu kecepatannya.

Para petani dan peternak di kawasan pertanian Cumnok memiliki balapan yang cukup unik. Mereka memodifikasi mesin pemotong rumput untuk ikut merebut gelar 'King of the Cumnock Mower Competition'.

Petani dan peternak sekitar membutuhkan waktu bulanan hingga tahunan untuk memodifikasi mesin rumput, dengan ditambahi mesin motor yang bisa dikendarai.

Gelar 'King' selama dua tahun terakhir dipegang oleh Charles Carey. "Ya saya sampai saat ini adalah juaranya, tetapi sampai kapan bisa mempertahankan gelar ini, saya tidak tahu," ujar Carey kepada ABC Rural belum lama ini.

Di tahun ini, ia kembali merebut juara dengan memodifikasi mesin pemotong rumput produksi tahun 50-an dengan mesin motor.

"Kecepatannya mencapai 90 kilometer per jam, tetapi karena lintasan yang kurang rata, jadi kecepatan maksimal sekitar 70 kilometer per jam," jelas Carey. Ia juga mengaku kalau harus mengubah setirnya, karena sedikit membahayakan.

Namun Carey merasa tak yakin dirinya akan menang di tahun depan. "Saya rasa tahun depan akan lebih kompetitif... sepertinya motor yang lebih besar dengan kecepatan lebih tinggi," kata Carey.

Kompetisi ini sudah cukup populer, bahkan sejumlah petani dan peternak rela berpergian ratusan kilometer hanya untuk ikut kejuaraan ini.

Tonton keunikan balapan mesin pemotong rumput disini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement