Rabu 13 May 2015 13:58 WIB

Presiden Irak Kunjungi Iran

Bendera Iran Irak
Bendera Iran Irak

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN-- Presiden Irak Fuad Masum tiba di Ibu Kota Iran, Teheran, pada Senin (11/5) untuk kunjungan resmi. Masum, yang disertai oleh menteri perdagangan, lingkungan hidup dan pariwisata, mengunjungi Iran atas undangan dari Presiden Iran Hassan Rouhani.

Selama kunjungan tiga-harinya, Masum dijadwalkan mengadakan pembicaraan dengan Rouhani, Ketua Majelis (Parlemen) Iran Ali Larijani dan Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran Ali Shamkhani, kata media lokal.

Hubungan antara kedua negara yang bertetangga tersebut strategis. Iran adalah negara pertama yang membantu Irak memerangi pelaku teror dari Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), kata Masum kepada kantor berita resmi Iran, IRNA.

"Kerja sama ekonomi, budaya dan militer antara Iran dan Irak berada pada tingkat tertingginya dan kami berusaha lebih meningkatkan hubungan itu," kata Masum, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu (13/5).

Pada Februari, Wakil I Presiden Iran Es'haq Jahangiri mengatakan Iran bertekad untuk memainkan "peran penting" dalam pembangunan kembali Irak. Iran, katanya, akan menyediakan buat Baghdad pengalamannya dalam bidang pembangunan, sains, teknologi dan bidang lain.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement