Kamis 11 Jun 2015 20:01 WIB

Ukuran Cincin Planet Saturnus Ternyata Lebih Besar dari Perkiraan Astronom

Gambar terbaru yang lebih rinci menunjukkan, Saturnus terdiri dari partikel-partikel debu dan sebagian besar sangat kecil.
Foto:

REPUBLIKA.CO.ID, MARYLAND -- Para peneliti melihat ukuran partikel dalam cincin terluar Saturnus, memberi wawasan baru bagaimana cincin itu terbentuk.

Bongkahan es berukuran milimeter hingga sentimeter di ekor komet yang lewat terus membombardir ‘Phoebe’, menghasilkan aliran puing-puing konstan, yang membentuk cincin raksasa.

Pengamatan pada 2009 tak bisa menentukan ukuran partikel dalam cincin, tapi gambar terbaru yang lebih rinci menunjukkan, ia terdiri dari partikel-partikel debu dan sebagian besar sangat kecil.

Hamilton dan rekannya bekerja di luar ukuran partikel cincin dengan memeriksa bagaimana kecerahan cincin berubah ketika pesawat luar angkasa bergerak di atasnya.

Para peneliti mengatakan, Batu besar, seukuran bola sepak bola, hanya membentuk sekitar 10% atau kurang dari total komposisi cincin.

"Kami tak benar-benar mengharapkan yang terkecil menjadi dominan," kata Hamilton baru-baru ini.

Ia menyebut, partikel yang lebih besar bertabrakan untuk membentuk partikel yang lebih kecil, dan partikel-partikel yang lebih kecil akhirnya kalah karena interaksi dengan sinar matahari.

Namun, karena cincin begitu besar, partikel individu tak bertabrakan sangat sering, jadi ini berarti cincin bisa menjadi sangat tua, kata Hamilton.

"Sebagian besar dari partikel-partikel ini bisa berlangsung selama jutaan hingga miliaran tahun karena ada begitu banyak ruang dan begitu sedikit partikel, dan mereka bergerak begitu lambat sehingga tingkat tabrakan sangat lambat," jelasnya.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-06-11/ukuran-cincin-planet-saturnus-ternyata-lebih-besar-dari-perkiraan-astronom/1457994
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement