Selasa 16 Jun 2015 11:31 WIB

Korsel Laporkan Tiga Kematian Baru Akibat MERS

Pria Korea Selatan yang diduga terinfeksi MERS di Slovakia, Sabtu (13/6).
Foto: yahoo
Pria Korea Selatan yang diduga terinfeksi MERS di Slovakia, Sabtu (13/6).

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Kementerian Kesehatan Korea Selatan (Korsel) melaporkan empat kasus Sindrom Penapasan Akut Timur Tengah (MERS) pada, Selasa sehingga total kasus mencapai 154 dan menjadi yang terbesar di luar Arab Saudi.

Kementerian juga menyebutkan bahwa ada tiga pasien terpapar MERS yang akhirnya meninggal dunia, sehingga total kematian akibat virus ini adalah 19 orang sejak kasus pertama tercatat pada awal Mei.

Sebelumnya, ribuan sekolah yang ditutup karena wabah tersebut, dibuka kembali, Senin, sementara negara tersebut berupaya kembali ke keadaan normal setelah wabah itu melanda hampir empat pekan dan mulai menurun.

Empat rumah sakit ditutup total atau sebagian dalam upaya menghentikan penyebaran wabah yang oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) disebut sebagai wabah yang meluas dan kompleks. Presiden Korsel Park Geun-hye yang peringkat dukungannya hancur akibat respon pemerintah terhadap MERS, mendesak negara untuk kembali ke kondisi normal.

"Saya minta masyarakat pengusaha juga, untuk melanjutkan investasi, kegiatan produksi dan manajemen seperti biasanya dan terutama membantu dengan meyakinkan konsumen untuk tidak ragu-ragu membelanjakan uangnya," kata Park dalam pertemuan dengan pembantu-pembantu seniornya.

Park, yang pekan lalu menunda kunjungan ke Amerika Serikat, menyaksikan anjloknya dukungan publik hingga di bawah 35 persen pekan ini, menurut sebuah jajak pendapat Realmeter.

Pemerintahannya dikritik karena di awal terjadinya wabah menolak mengumumkan nama rumah sakit tempat dirawatnya pasien-pasien terduga dan terinfeksi virus, sehingga menimbulkan kepanikan dan kebingungan publik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement