Selasa 23 Jun 2015 22:17 WIB

PM Cina akan Kunjungi Prancis dan Belgia

PM baru Cina, Li Keqiang.
Foto: IST
PM baru Cina, Li Keqiang.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Perdana Menteri Cina Li Keqiang akan mengunjungi Prancis dan Belgia dalam serangkaian perjalanan yang akan dimulai akhir pekan ini, demikian menurut Kementerian Luar Negeri Cina, Selasa (23/6).

Li akan mengunjungi markas Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) di Paris dan menghadiri pertemuan para pemimpin Uni Eropa-Cina ke-17 di Brussels. Perjalanan tersebut akan berlangsung dari 28 Juni hinga 2 Juli.

Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius mengatakan dalam kunjungannya ke Beijing bulan lalu, PM Li akan mengunjungi Paris dan Toulouse. Fabius pada saat itu mengatakan topik dalam kunjungan PM Li akan mencakup pengembangan proyek-proyek bersama di pasar negara-negara dunia ketiga, baik itu pasar Asia maupun Afrika.

Uni Eropa adalah mitra dagang terbesar Cina. Sedangkan raksasa Asia itu adalah mitra dagang terbesar kedua Uni Eropa.

Hubungan antara dua komersial global kelas berat (Uni Eropa-Cina) ini kadang-kadang diwarnai perselisihan perdagangan, tetapi telah menunjukkan perkembangan yang dramatis selama beberapa dekade.

Selain itu, badan-badan ekonomi utama Eropa semuanya merupakan calon anggota Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB) yang dipimpin Cina.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement