Kamis 02 Jul 2015 10:40 WIB

Militer Mesir Sudah Kembali Kontrol Sinai

Rep: Gita Amanda / Red: Angga Indrawan
Kawasan Sinai, sering terjadi bentrokan antara pasukan pemerintah melawan militan bersenjata.
Foto: AP Photo/Hiro Komae
Kawasan Sinai, sering terjadi bentrokan antara pasukan pemerintah melawan militan bersenjata.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Juru bicara militer Mesir mengatakan, situasi di Sinai Utara sudah 100 persen di bawah kendali. Pernyataan dikeluarkan pascabentrokan yang kabarnya menewaskan lebih dari 100 orang.

Aljazirah melaporkan, Kamis (2/7), juru bicara Mohamed Sanir menyampaikan hal itu melalui telepon dalam siaran televisi pada Rabu (1/7). Tentara Mesir mengatakan, lebih dari 100 militan dan 17 tentara tewas setelah serangan simultan di pos pemeriksaan militer di Sinai Utara.

Namun beberapa sumber keamanan menyebutkan, korban tewas di pihak tentara dam kepolisian lebih tinggi jumlahnya dibanding yang disebutkan.

Sebelumnya beberapa kelompok yang menyatakan janji setia mereka pada kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), mereka menyebut diri sebagai kelompok Provinsi Sinai, mengaku bertanggung jawab atas serangan di Sinai. Mereka menyatakan menyerang lebih dari 15 pos keamanan di wilayah yang berbatasan dengan Israel dan Jalur Gaza tersebut.

Militer membalas serangan dengan melibatkan jet F-16 dan helikopter Apache. Tentara mengatakan, tak akan menghentikan operasinya sampai daerah itu bebas dari teroris. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement