Rabu 08 Jul 2015 20:59 WIB

Wombat di Kebun Binatang ini Wajib Olahraga Pagi

Red:
Wombat Australia Selatan yang berbulu bagian hidungnya, bernama Katie, sedang diajak berjalan-jalan pagi oleh petugas Kebun Binatang Rockhampton.
Foto: abc news
Wombat Australia Selatan yang berbulu bagian hidungnya, bernama Katie, sedang diajak berjalan-jalan pagi oleh petugas Kebun Binatang Rockhampton.

REPUBLIKA.CO.ID, QUEENSLAND -- Setiap pagi selama musim dingin berlangsung, petugas di Kebun Binatang Rockhampton -- sekitar 500 km dari Kota Brisbane, Queensland -- punya tugas baru. Yakni mengajak jalan-jalan hewan wombat yang ada di kebun binatang mereka.

Ini merupakan program olahraga yang harus rutin setiap pagi untuk menjaga agar hewan asli benua Australa tersebut tidak obesitas.

Hewan wombats hanya aktif selama 4 jam saja setiap harinya, jadi jika mereka terjaga sekitar pukul 10:30 setiap pagi, petugas di Kebun Binatang Rockhampton yang menjaga wombat tersebut akan mengajak mamalia khas benua Australia itu berolahraga pagi dengan cara mengajak mereka berjalan-jalan.

Salah satu penjaga wombat tersebut, Yvette Denning mengatakan latihan ini terbukti bermanfaat untuk hewan peliharaan mereka.
 
"Kita disini punya wombat namanya Donna yang punya masalah dengan pinggulnyaa, jadi kegiatan olahraga jalan kaki pagi ini sangat penting untuk menurunkan berat badannya,” ujarnya baru-baru ini.
 
"Apalagi Donna tidak suka banyak bergerak, jadi kita harus mendorongnya supaya banyak bergerak,” tambahnya.
 
Wombat  memiliki tingkat metabolisme basal terendah dibandingkan mamalia apapun, sehingga diet mereka juga sangat rendah energi.
 
Denning mengatakan ini menjadi alasan mengapa mereka untuk memfokuskan diri pada kegiatan olahraga guna menandingi diet mereka.
 
"Salah satu studi mengenai wombats di alam liar menunjukan dalam periode 24 jam hewan ini hanya bergerak 170 meter saja,” katanya.
 
"Salah satu wombat yang paling energik sekalipun dalam studi itu disebutkan hanya bergerak 800 meter di malam hari, tapi mereka memang tidak banyak bergerak di alam liar sehingga kita ingin tidak ingin mereka melakukan hal yang sama ketika dalam pemeliharaan kita,”
 
Program olahraga pagi wombat di Kebun Binatang Rockhampton ini memberikan para peneliti informasi berharga mengenai teknik beternak mamalia ini didalam penangkaran.
 
Progam ini dilakukan seiring dengan upaya mereka meningkatkan penyediaan lingkungan yang menyerupai lingkungan alami mereka.
 
Mahasiswa Biologi asal Amerika, Kaillee Schulz yang sedang menjalani program magang selama 6 bulan di Kebun Binatang Rockhampton ini mengaku sangat senang dengan tugas barunya mengajak jalan-jalan wombat.
 
Dia mengatakan senang dapat berada dekat dan personal dengan hewan asli Benua Australia ini.
 
"Saya sangat terkejut mengetahu saya diizinkan berinteraksi sesering itu dengan wombat disini,” katanya
 
"Maksudnya saya bisa datang ke kandang mereka dan mengajak mereka berjalan-jalan sama saja seperti juga hewan dingo,”

Menurut Schulz wombat sering mau berada didepan ketika diajak berjalan-jalan, jadi dia hanya perlu mengikuti saja kemana mereka mau.

 
"Anda hanya perlu membiarkan mereka melakukan apa yang mau mereka lakukan,”
 
"Ketika sudah berjalan mereka akan sangat bersemangat untuk berkeliling dan melihat semua yang ada dihadapan mereka,”
 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement